Penguatan kapasitas kelompok ibu-ibu posyandu dan PKK dalam upaya mengurangi kerentanan masyarakat saat terjadi banjir di Dusun Sekarputih Desa Sekarputih Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hafiz, Dwi Ramadhan (2023) Penguatan kapasitas kelompok ibu-ibu posyandu dan PKK dalam upaya mengurangi kerentanan masyarakat saat terjadi banjir di Dusun Sekarputih Desa Sekarputih Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hafiz Dwi Ramadhan_B92218108 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Hafiz Dwi Ramadhan_B92218108 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 June 2027.

Download (3MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode Participatory Action Research (PAR) dengan melibatkan masyarakat secara aktif dan menjadikan pengalaman mereka sendiri sebagai persoalan dan jalan untuk mencari perubahan yang lebih baik. Penelitian ini mengajak masyarakat Dusun Sekarputih guna mengurangi kerentanan saat terjadi banjir dengan upaya pertolongan pertama dan bantuan hidup dasar. Kerentanan masyarakat terhadap bencana banjir dibuktikan dengan adanya tingginya resiko yang ditimbulkan seperti, rusaknya rumah permukiman, kerugian sektor pertanian, adanya korban, munculnya penyakit gatal-gatal, diare, dan DBD. Aksi yang dilakukan peneliti bersama masyarakat yaitu melakukan pendidikan pertolongan pertama dan Bantuan Hidup Dasar serta kampanye tentang kebencanaan. Hasil yang dicapai yakni meningkatnya pengetahuan masyarakat tentang pengurangan resiko bencana.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hafiz, Dwi Ramadhanhafizdwi151299@gmail.comB92218108
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMansyur, Munir--2017035901
Subjects: Bencana alam
Dakwah > Dakwah bil Hal
Emansipasi wanita
Kesehatan > Ibu dan Anak - Pelayanan Kesehatan
Kesehatan > Ibu dan Anak - Pelayanan Kesehatan
Keywords: Kerentanan; Bencana; Pertolongan Pertama
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Hafiz Dwi Ramadhan
Date Deposited: 05 Jun 2024 07:57
Last Modified: 05 Jun 2024 07:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70407

Actions (login required)

View Item View Item