Pertimbangan hakim dalam tindak pidana kecelakaan lalu lintas berdasarkan perspektif hukum positif dan hukum pidana islam: studi putusan pengadilan negeri nomor: 1772/Pid.Sus/2023/Pn Sby

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mardany, Alifian Fahdzan (2024) Pertimbangan hakim dalam tindak pidana kecelakaan lalu lintas berdasarkan perspektif hukum positif dan hukum pidana islam: studi putusan pengadilan negeri nomor: 1772/Pid.Sus/2023/Pn Sby. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alifian Fahdzan Mardany_05020320030 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Alifian Fahdzan Mardany_05020320030 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 June 2027.

Download (1MB)

Abstract

Transportasi dan lalu lintas memegang peran krusial dalam menciptakan ketertiban sosial dalam kehidupan masyarakat. Kecelakaan lalu lintas mengalami peningkatan selama periode tahun 2020 hingga 2022. Hampir setiap kecelakaan lalu lintas berawal dari oleh kelalaian yang berasal seorang pengemudi kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah mengenai bagaimana pertimbangan hakim dalam tindak pidana kecelakaan lalu lintas Putusan Pengadilan Negeri Surabaya Nomor 1772/Pid.Sus/2023/PN Sby berdasarkan perspektif hukum positif dan bagaimana pertimbangan hakim dalam tindak pidana kecelakaan lalu lintas Putusan Pengadilan Negeri Surabaya Nomor 1772/Pid.Sus/2023/PN Sby berdasarkan perspektif hukum pidana Islam. Penulis dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis normatif dengan memanfaatkan pendekatan kasus (case approach) dan juga pendekatan komparatif (comparative approach). Data yang digunakan pada penelitian ini meliputi bahan hukum primer yang berasal dari putusan Nomor 1772/Pid.Sus/2023/Pn Sby dan bahan hukum sekunder berupa peraturan perundang-undangan, pendapat ahli hukum, serta beberapa karya tulis yang berkenaan dengan tindak pidana kecelakaan lalu lintas. Bahan hukum ini dikumpulkan dengan teknik dokumentasi dan teknik kepustakaan, yang kemudian diolah dengan beberapa tahap melalui editing (melakukan pemeriksaan kembali data yang telah diperoleh), organizing (menyusun dan menyistematiskan data yang diperoleh), analizing yang dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif-analisis menggunakan pola pikir deduktif guna mendapatkan kesimpulan yang khusus dan dianalisis menurut Hukum Pidana Islam. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa pertimbangan hakim dalam Putusan Nomor 1772/Pid.Sus/2023/Pn Sby menjatuhkan hukuman terdakwa dengan dakwaan kedua primair Pasal 311 Ayat (4) UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Meskipun, hakim kurang cermat dalam menentukan pasal, seharusnya perbuatan terdakwa lebih sesuai dengan Pasal 310 Ayat (3) UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan karena tidak terdapat unsur kesengajaan dalam fakta-fakta hukum yang diuraikan dalam putusan. Dalam perspektif hukum pidana Islam, perbuatan Terdakwa termasuk jari>mah penganiayaan karena kesalahan. Hukuman yang dapat dikenakan adalah di>ya>t, dengan besaran di>ya>t untuk fraktur mencapai sepuluh ekor unta. Untuk luka gores dan memar, besaran di>ya>t tergantung pada kebijaksanaan hakim. Namun, jika korban atau keluarga memaafkan, dapat dikenakan sanksi ta’zi>r, dengan tujuan memelihara kemaslahatan dan melindungi individu dari tindakan merugikan. Sejalan dengan kesimpulan di atas, Penulis mengharapkan para hakim lebih teliti dan cermat dalam menangani perkara dan menghindari kesalahan menerapkan hukum karena hukum sebagai pijakan utama dalam proses peradilan. Dan juga masyarakat diharapkan patuh pada peraturan untuk menjaga stabilitas keamanan dan keselamatan berlalu lintas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mardany, Alifian Fahdzanalifianfm2503@gmail.com05020320030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHatta, Mohhattamuhammad644@gmail.com2026107104
Subjects: Hukum Islam
Lalu Lintas
Hukum Islam > Pidana Positif
Keywords: Hukum Pidana; Kecelakaan; Lalu Lintas;
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Alifianfm_ Alifian Fahdzan Mardany
Date Deposited: 07 Jun 2024 03:39
Last Modified: 07 Jun 2024 03:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70427

Actions (login required)

View Item View Item