Perilaku agresif pada anak usia dini: studi kasus di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 50 Surabaya tahun pelajaran 2023/2024

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Permatasari, Ida Ayu (2024) Perilaku agresif pada anak usia dini: studi kasus di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 50 Surabaya tahun pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ida Ayu Permatasari_D99217064 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 June 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Ida Ayu Permatasari_D99217064.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh urgensi akhlak pada anak usia dini. Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 50 Surabaya peneliti mendapati adanya seorang anak yang memiliki perilaku berbeda dari teman-temanya. Siswa yang berinisial “A” tersebut memiiki permasalahan perilaku agresif yakni sering memukul, mencubit, dan berkata kasar kepada teman-temannya. Dalam kemampuan interaksi sosial siswa “A” kesulitan dalam bergaul dan dalam hal akademis siswa “A” seringkali tidak dapat mengerjakan tugas dari guru hingga tuntas. Oleh karena itu peneliti ingin melakukan analisa lebih mendalam mengenai jenis-jenis perilaku agresif yang dialami oleh siswa “A” dan penyebab mengapa siswa “A” memiliki perilaku agresif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui gambaran perilaku agresif siswa yang berinisial “A” dari kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 50 Surabaya, (2) untuk mengetahui penyebab siswa yang berinisial “A” dari kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 50 Surabaya tersebut memiliki perilaku agresif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa “A” memiliki dua jenis perilaku agresif yakni agresif fisik dan agresif verbal. Agresif fisik yang dimiliki oleh siswa “A” antara lain: memukul, mencubit, mendorong dan merusak barang. Sedangkan agresif verbal yang dimiliki siswa “A” antara lain: menghina, mengumpat, memaki, dan berkata kasar. Penyebab yang mendominasi siswa “A” memiliki perilaku agresif adalah upaya meniru orang yang lebih dewasa darinya, keinginan yang tidak dapat terpenuhi, frustasi karena tidak ada teman yang mau bermain dengannya. Sedangkan faktor pendukung adalah tingkat ekonomi yang rendah dan pola asuh kedua orangtua yang tidak sejalan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Permatasari, Ida Ayuayuriiyufranszaa@gmail.comD99217064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoiyaroh, Mukhoiyarohyaroh354@gmail.com2009047302
Thesis advisorFarisia, Hernikhernikfarisia@uinsby.ac.id2008088301
Subjects: Perilaku
Orang tua dan Anak
Keywords: Perilaku agresif; anak usia dini; anak TK
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Ida Ayu Permatasari
Date Deposited: 06 Jun 2024 06:49
Last Modified: 06 Jun 2024 06:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70435

Actions (login required)

View Item View Item