Efektivitas model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, and Create) terhadap berpikir kritis siswa materi siklus air di MINU Ngingas Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bahri, Fadhilah Faradisa (2024) Efektivitas model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, and Create) terhadap berpikir kritis siswa materi siklus air di MINU Ngingas Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fadhilah Faradisa Bahri_06040720074 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 June 2027.

Download (6MB)
[img] Text
Fadhilah Faradisa Bahri_06040720074.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan berpikir kritis siswa kelas v di minu ngingas sidoarjo yang masih tergolong rendah, dikarenakan pada saat pembelajaran ipa guru masih menggunakan metode ceramah, tugas dan diskusi. Selain itu, guru jarang menerapkan model yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Pembelajaran radec terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas v minu ngingas sidoarjo tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis metode yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain non-equivalent control group. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas v minu ngingas sidoarjo dengan menggunakan teknik probability sampling yaitu kelas eksperimen (va) dan kelas kontrol (vb). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes essay/uraian, obsrvasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data pada penelitian ini. Menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 62,56, sedangkan kelas kontrol sebesar 51,97. Rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 83,65, sedangkan kelas kontrol 68,89. Dari hasil uji independent sample t-test diperoleh nilai sig (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga h0 ditolak hi diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan pada penerapan model pembelajaran radec terhadap berpikir kritis ipa pada tema siklus air di kelas v minu ngingas sidoarjo. Hasil perhitungan n-gain kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen sebesar 57,26 (kategori cukup berpengaruh) dan kelas kontrol sebesar 34,25 (kategori kurang berpengaruh).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bahri, Fadhilah Faradisafadhilahfaradisa@gmail.com06040720074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwakhidah@uinsby.ac.id2015127201
Thesis advisorSyaifuddin, Radensyaifuddinraden450@gmail.com2007047501
Subjects: Biologi
Guru
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Keywords: Pembelajaran RADEC; kemampuan berpikir; ilmu pengetahuan alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fadhilah Faradisa Bahri
Date Deposited: 06 Jun 2024 06:38
Last Modified: 06 Jun 2024 06:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70447

Actions (login required)

View Item View Item