Korelasi minat baca terhadap hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas V MI Roudlotul Banat Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Andriani, Ery Dwika (2024) Korelasi minat baca terhadap hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas V MI Roudlotul Banat Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ery Dwika Andriani_06020720027 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 June 2027.

Download (5MB)
[img] Text
Ery Dwika Andriani_06020720027.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan minat baca peserta didik terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia masih rendah, antara lain karena mata pelajaran tersebut dianggap membosankan karena panjangnya bacaan. Peserta didik yang mampu menerima dan memahami bacaan masih kurang karena masih banyak peserta didik yang malas membaca. Kebiasaan membaca pada peserta didik dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik dari dalam maupun dari luar peserta didik. Peserta didik memiliki peran yang penting dalam menumbuhkan dan meningkatkan minat baca peserta didik, guna mendukung hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami korelasi antara minat baca dan penacapaian hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas V MI Roudlotul Banat Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis metode ex post facto dengan desain penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini yakni peserta didik kelas V di MI Roudlotul Banat Sidoarjo yang terdiri dari 24 peserta didik kelas V A dan 25 peserta didik kelas V B. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini diambil dengan cara menyebarkan angket minat baca dan hasil belajar peserta didik melalui analisis nilai raport. Setelah pengumpulan data, data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik, uji normalitas, uji hipotesis dan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat baca di kalangan siswa kelas V MI Roudlotul Banat Sidoarjo tergolong tinggi, sementara pencapaian akademis dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dinilai sangat baik. Analisis korelasi menggunakan metode product moment menunjukkan bahwa koefisien korelasi rhitung > rtabel (0,668 > 0,281), yang mengindikasikan penerimaan hipotesis alternatif (Ha) dan penolakan hipotesis nol (Ho). Hasil penelitian menegaskan adanya korelasi yang signifikan antara minat baca dan hasil belajar Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas V MI Roudlotul Banat Sidoarjo. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa minat baca memiliki korelasi yang signifikan dengan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia pada tingkat kelas V MI Roudlotul Banat Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Andriani, Ery Dwikaerydwikaa@gmail.com06020720027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2010097301
Thesis advisorErfansyah, Nasrul Fuaderfansyah@uinsby.ac.id2128058301
Subjects: Bahasa Indonesia
Belajar
Minat Siswa
Keywords: Minat baca; hasil belajar; mata pelajaran Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ery Dwika Andriani
Date Deposited: 07 Jun 2024 07:32
Last Modified: 07 Jun 2024 07:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70493

Actions (login required)

View Item View Item