Pengaruh strategi hollywood squares review terhadap hasil belajar IPA materi Tata Surya di MINU Ngingas Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahma, Shinta Nur (2024) Pengaruh strategi hollywood squares review terhadap hasil belajar IPA materi Tata Surya di MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shinta Nur Rahma_06020720050 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 June 2027.

Download (10MB)
[img] Text
Shinta Nur Rahma_06020720050.pdf

Download (11MB)

Abstract

Pembelajaran IPA materi tata surya di kelas VI peserta didik merasa kesulitan dalam memahami materi tersebut dikarenakan ulasan materi yang sangat padat, materi yang bersifat abstrak, dan terdapat banyak istilah-istilah asing. Peserta didik hanya sekedar menghafal tanpa memahami materi tersebut sehingga menyebabkan ingatan mereka mudah hilang. Keadaan tersebut yang menyebabkan hasil belajar mereka rendah. Selain itu peserta didik juga merasa bosan pada saat pembelajaran karena guru belum menerapkan strategi yang mampu menjadikan pembelajaran menjadi menyenangkan dan aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Hollywood Squares Review terhadap hasil belajar IPA materi tata surya di MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis metode penelitiannya ialah quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan kepada peserta didik kelas VI MINU Ngingas Waru Sidoarjo menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Peneliti mengambil sampel penelitian pada kelas 6C sebagai kelas eksperimen yang memperoleh perlakuan (treatment) dengan menerapkan strategi Hollywood Squares Review dan kelas 6B sebagai kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh siswa di kelas eksperimen lebih tinggi yakni sebesar 90,08 dibandingkan dengan nilai rata-rata di kelas kontrol yakni 58,50. Hasil uji hipotesis (uji T-test) pada nilai signifikan (2 tailed) equal variences assumed sebesar 0,000 dimana jika dilihat dari dasar pengambilan keputusan uji Independent Sample T-test adalah nilai signifikan (2 tailed) 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan strategi Hollywood Squares Review terhadap hasil belajar peserta didik pada materi tata surya di kelas VI MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Hasil penghitungan N-Gain kelas eksperimen memperoleh peningkatan lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu sebesar 0,77 (kategori tinggi) dan kelas kontrol yaitu sebesar 0,20 (kategori rendah).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahma, Shinta Nurshintarahma289h@gmail.com06020720050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwakhidah@uinsby.ac.id2015127201
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawir@uinsby.ac.id2001086501
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Strategi hollywood squares review; hasil belajar; IPA; tata surya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: shinta nur rahma
Date Deposited: 10 Jun 2024 05:08
Last Modified: 10 Jun 2024 05:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70501

Actions (login required)

View Item View Item