Perbandingan kelimpahan mikroplastik udara di wilayah pesisir Kecamatan Bulak Kota Surabaya dan Kecamatan Labang Kabupaten Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Susilo, Merry Adina (2023) Perbandingan kelimpahan mikroplastik udara di wilayah pesisir Kecamatan Bulak Kota Surabaya dan Kecamatan Labang Kabupaten Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Merry Adina Susilo_H05219009 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 June 2027.

Download (6MB)
[img] Text
Merry Adina Susilo_H05219009.pdf

Download (7MB)

Abstract

Mikroplastik udara tersebar luas di lingkungan, bahkan ditemukan di lautan lepas dan daerah pegunungan terpencil, hal ini menunjukkan bahwa persebaran mikroplastik dapat mencapai jarak yang jauh melalui atmosfer. Sebagai peralihan antara wilayah daratan dan lautan, pesisir dapat tercemar oleh mikroplastik dari daratan, lautan, maupun dari wilayah pesisir itu sendiri yang sekaligus berperan sebagai transmisi persebaran mikroplastik udara. Kepadatan penduduk, tingkat industrialisasi, dan berbagai aktivitas antropogenik dari suatu wilayah dapat mempengaruhi kelimpahan mikroplastik udara. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbandingan kelimpahan mikroplastik udara di wilayah dengan kepadatan penduduk yang berbeda antara wilayah pesisir Kecamatan Bulak, Kota Surabaya dan Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan. Penelitian ini menggunakan metode cross sectional dengan penentuan titik sampel dilakukan menggunakan metode purposive sampling, sehingga ditentukan 5 titik pada masing-masing lokasi. Alat yang digunakan dalam pengambilan sampel menerapkan desain passive sampler dengan diameter luas permukaan 15 cm pada ketinggian 1,5 meter dari atas permukaan tanah selama kurang lebih 24 jam dan dilakukan satu kali pengulangan. Pada proses analisis dilakukan pelarutan komponen organik dengan menambahkan larutan H2O2 30% dan H¬2¬¬¬¬SO¬4 30%, kemudian dipanaskan dalam water bath selama 24 jam. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mikroplastik udara yang teridentifikasi dominan berupa fiber (Kecamatan Bulak 96%; Kecamatan Labang 98,7%), berwarna bening (Kecamatan Bulak 66%; Kecamatan Labang 51,9%), dan memiliki ukuran yang bervariasi. Data yang telah diolah menghasilkan nilai kelimpahan mikroplastik udara pada sampel wilayah pesisir Kecamatan Bulak sebesar 1.844 partikel/m2/hari, sedangkan Kecamatan Labang sebesar 894 partikel/m2/hari. Perbandingan kelimpahan mikroplastik udara kemudian divalidasi dengan hasil uji statistik Mann Whitney yang memiliki nilai signifikansi kurang dari 0,05 (sig. 0,006), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelimpahan mikroplastik udara di wilayah pesisir Kecamatan Bulak, Kota Surabaya dan Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Susilo, Merry Adinamerryadinasusilo@gmail.comH05219009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuprayogi, Dedydsuprayogi@uinsby.ac.id0711125102
Thesis advisorOktorina, Saritasaritaoktorina@gmail.com2005108701
Subjects: Teknik Lingkungan
Keywords: Kelimpahan mikroplastik udara; wilayah pesisir
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Merry Adina Susilo
Date Deposited: 11 Jun 2024 02:04
Last Modified: 11 Jun 2024 02:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70519

Actions (login required)

View Item View Item