This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Shofiyah, Siti (2024) Pengaruh metode estafet writing terhadap keterampilan menulis teks narasi mata pelajaran Bahasa Indonesia peserta didik Kelas V di MI Darussalam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Siti Shofiyah_06020720052 full.pdf Restricted to Repository staff only until 11 June 2027. Download (4MB) |
|
Text
Siti Shofiyah_06020720052.pdf Download (4MB) |
Abstract
Metode pembelajaran menjadi peran penting tercapainya tujuan pembelajaran oleh karena itu, pentingnya memilih metode pembelajaran yang efektif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran terutama pada pembelajaran menulis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode estafet writing terhadap keterampilan menulis teks narasi mata pelajaran Bahasa Indonesia peserta didik kelas V di MI Darussalam Sidoarjo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimental dan desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di MI Darussalam Sidoarjo. Populasi penelitian yang digunakan sebanyak 46 peserta didik. Instrumen pengumpulan data berupa tes tulis yang dilaksanakan melalui kegiatan pre-test dan post-test di kelas kontrol dan kelas eksperimen. Uji instrumen yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Analisis statistik deskriptif yang berupa penyajian data bentuk tabel dan diagram serta pemusatan data nilai mean, median, modus, nilai minimum, nilai maximum dan standar deviasi. Sedangkan, analisis statistik inferensial berupa uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil uji hipotesis melalui uji independent sample t-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) kurang dari 0,05 yakni 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ha (hipotesis alternatif) diterima yang artinya adanya pengaruh antar variabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode estafet writing berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks narasi mata pelajaran Bahasa Indonesia peserta didik kelas V di MI Darussalam Sidoarjo.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Bahasa Indonesia Pendidikan Pendidikan > Metode |
||||||||||||
Keywords: | Metode estafet writing; keterampilan menulis; teks narasi | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Siti Shofiyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 11 Jun 2024 02:26 | ||||||||||||
Last Modified: | 11 Jun 2024 02:26 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70520 |
Actions (login required)
View Item |