Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model kooperatif tipe kancing gemerincing untuk melatih kemampuan komunikasi matematis peserta didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wipie, Virly Carinne (2021) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model kooperatif tipe kancing gemerincing untuk melatih kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Virly Carinne Wipie_D74214070.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Virly Carinne Wipie_D74214070_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 June 2027.

Download (8MB)

Abstract

Komunikasi matematis merupakan suatu keterampilan penting dalam matematika. Namun, kemampuan komunikasi peserta didik tergolong masih rendah. Hal ini dikarenakan model yang digunakan dalam proses pembelajaran dirasa kurang tepat. Oleh karena itu, tujuan pengembangan perangkat pembelajaran matematika model kooperatif tipe kancing gemerincing ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan menghasilkan perangkat pembelajaran model kooperatif tipe kancing gemerincing untuk melatih kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Plomp yang terdiri dari ifase ipenelitian ipendahuluan i(Preliminary iResearch), ifase ipembuatan iprototype i(Prototyping iPhase), idan ifase ipenilaian i(Assessment iPhase). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada materi perbandingan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah catatan lapangan dan teknik validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data kevalidan perangkat pembelajaran diperoleh nilai rata-rata total kevalidan sebesar 4,50 untuk RPP dan sebesar 4,45 untuk LKPD. Data kepraktisan perangkat pembelajaran yang meliputi RPP dan LKPD masing-masing memperoleh rata-rata nilai A dari keempat validator dengan tanpa revisi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan dapat dikatakan valid dan praktis. Kata kunci: Model Kooperatif, Kancing Gemerincing, Kemampuan Komunikasi Matematis

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wipie, Virly Carinnevirlycarinnewipie@gmail.comD74214070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com--
Thesis advisorSuparto, Supartozakfikam@gmail.com2002046903
Subjects: Matematika
Keywords: Model kooperatif; kancing gemerincing; kemampuan; komunikasi matematis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Virly Carinne Wipie
Date Deposited: 11 Jun 2024 03:54
Last Modified: 11 Jun 2024 03:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70531

Actions (login required)

View Item View Item