Analisis sifat amanah sebagai sistem pengendalian internal dalam pengelolaan keuangan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Praana, Ikrar Jaya (2021) Analisis sifat amanah sebagai sistem pengendalian internal dalam pengelolaan keuangan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ikrar Jaya Praana_G72216038.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Ikrar Jaya Praana_G72216038_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 July 2027.

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Sifat Amanah Sebagai Sistem Pengendalian Internal Dalam Pengelolaan Keuangan Pada Madrasah Aliyah Surabaya” yang merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metide studi kasus yang meiliki tujuan untuk menjawab rumusan masalah terkait penerapan amanah sebagai pengendalian internal dalam pengelolaan keuangan yang telah dilakukanpada Madrasah Aliyah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian kualitatif deskriptif analitis. Untuk pengumpulan datanya penulis melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan melibatkan Madrasah aliyah.Hasil dari penelitian yang diperoleh bahwasanya para pengurus menerapkan Pengendalian internal dalam pengelolaan keuangan Madrasah Aliyah secara lisan dan hanya membuat rekapan secara satu arah, dan memberikan informasi hanya pememangku kepentingan yang wajib. Pengurus Madrasah menjaga amanah yang diberikan dengan cara memperbaiki kualitas dan kuantitas dari siswa-siswi, pengurus juga menyatakan bahwa semua yang dilakukan bukan hanya untuk sebuah pekerjaan, tetapi melainkan dedikasi dan loyalitas terhadap Madrasah Aliyah ini agar selalu mendapatkan pendidikan yang layak, adapun rincian pengelolaan keuangan setiap semester dan juga ada buku kas umum yang telah dipaparkan oleh pengurus. Dalam hal ini penulis menemukan bahwa Madarasah Aliyah tidak mengetahui bahwa pengendalian internal yang sebenarnya itu sudah diterapkan, tetai masih belum di kelola dengan sistem, maka dari itu asih banyak permasalahan yang muncul akibat kurangnya tersistem sebuah pengendalian internal, meskipun terlihat semua yang telah diberikan melihatkan bahwa madrasah telah melakukan pekerjaan dengan baik dan benar. Sedangan dalam sikap transparansi yang dilaksanakan oleh pengurus, ada laporan yang dibuat secara terpisah dan tidak semua publik tau, oleh karena itu penulis tidak boleh mendapatkan informasi terkait laporan yang dibuat oleh pengurus Madrasah kepara pemilik Madrasah. Pengurus membuat laporan terpisah dikarenakan permintaan dari pemberi dana yaitu kementrian Agama dan dinas pendidikan, begitu juga prosedur pengelolaan keuangan dari penganggaranhingga pelaporan, semua dibuat sesuai dengan anggaran yang diajukan dan terdistribusi dengan menggunakan sistem basis cashPengurus Madrasah diberikan amanah oleh publik untuk mengelola keuangan untuk kebutuhan siswa-siswi dari kelas 11 hingga kelas 12, adapun pertanggungjawaban yang diberikan oleh pengurus kepada publik agar kepercayaan selalu terjaga. Terdapat persoalan yang terjadi mengenai pengelolaan keuangan dimana harus adanya 1 informasi yang menyeluruh untuk dapat di dilhat oleh semua orang secara jelas dan sehingga tidak menimbulkan kecurigaan kepada pengurus. Sehingga dapat membentuk kepetensi dalam pengelolaan keuangan, pencatatannya, serta pelaporannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Praana, Ikrar Jayajayapra08@gmail.comG72216038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAripratiwi, Ratna Anggrainiratna.anggraini@uinsby.ac.id2028058903
Subjects: Akuntansi
Keywords: Amanah; keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: sak ikrar jaya
Date Deposited: 05 Jul 2024 08:09
Last Modified: 05 Jul 2024 08:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70535

Actions (login required)

View Item View Item