Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap minat belajar kosakata bahasa inggris peserta didik kelas III di MINU Waru 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nafisah, Indana Hilyatun (2024) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap minat belajar kosakata bahasa inggris peserta didik kelas III di MINU Waru 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indana Hilyatun Nafisah_06020720032 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Indana Hilyatun Nafisah_06020720032 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 June 2027.

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran Bahasa Inggris materi Day and Month di kelas III MINU Waru 2 Sidoarjo belum begitu menarik karena selama pembelajaran hanya menggunakan buku teks peserta didik, hal ini menyebakan minat belajar peserta didik tergolong rendah. Indikasinya adalah terdapat peserta didik yang merasa bosan, tidak kondusif dikelas dan terdapat peserta didik yang mengantuk. Hal ini juga dikarenakan kurangnya penggunaan model pembelajaran yang interaktif dan menarik untuk menimbulkan rasa minat belajar peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap minat belajar kosakata Bahasa Inggris peserta didik kelas III di MINU Waru 2 Sidoarjo. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif jenis metode penelitian yakni Quasi Experiment dengan desain nonequivalent control group. Penelitian ini dilakukan kepada peserta didik kelas III di MINU Waru 2 Sidoarjo dengan pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh yaitu seluruh kelas III dijadikan sampel di mana untuk kelas kontrol (III B) dan kelas eksperimen (III A). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket, obseravasi dan dokumentasi. Teknik analisis data pada peneitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 76,14, sedangkan pretest kelas eksperimen sebesar 73,36. Rata- rata posttest kelas kontrol diperoleh sebesar 77,52, sedangkan posttest kelas eksperimen sebesar 84,64. Hasil uji-t diperoleh Thitung > Ttabel yakni 3,168 > 1,683, diperkuat dengan nilai sig (2 tailed) sebesar 0,003 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada minat belajar peserta didik kelas III pada materi Day and Month setelah diberi perlakuan menggunakan model kooperatif tipe Make a Match di MINU Waru 2 Sidoarjo. Perbedaan dari kedua kelas tersebut dapat memberikan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan model kooperatif tipe Make a Match terhadap minat belajar kosakata Bahasa Inggris peserta didik kelas III di MINU Waru 2 Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nafisah, Indana Hilyatunindananafisah22@gmail.com06020720032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Guru
Pendidikan
Keywords: Model Make a Match; Minat Belajar; Kosakata Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indana Hilyatun Nafisah
Date Deposited: 13 Jun 2024 02:36
Last Modified: 13 Jun 2024 02:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70557

Actions (login required)

View Item View Item