Implikasi stres kerja pada pasangan muda terhadap ketahanan keluarga di Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya dalam perspektif maqāṣid al sharī’ah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhan, Ahmad Fathi (2024) Implikasi stres kerja pada pasangan muda terhadap ketahanan keluarga di Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya dalam perspektif maqāṣid al sharī’ah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Fathi Ramadhan_05040120099.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ahmad Fathi Ramadhan_05040120099_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 June 2027.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil dari penulisan dengan judul "Implikasi Stres Kerja pada Pasangan Muda terhadap Ketahanan Keluarga di Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya dalam Perspektif Maqāṣid Al-Sharī’ah" kepenulisan ini digunakan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana Deskripsi Stres Kerja Pasangan Muda dan Ketahanan Keluarganya di Kecamatan Wonocolo dan Bagaimana analisis Implikasi Stres Kerja Pasangan Muda terhadap Ketahanan Keluarganya di Kecamatan Wonocolo dalam Perspektif Maqāṣid Al-Sharī’ah Jamāluddin ‘Aṭiyah. Skripsi ini menggunakan penelitian hukum empiris dengan metode kualitatif yakni metode pengumpulan data dengan mencari informasi dari literatur buku, dan lapangan yang bertujuan untuk membentuk sebuah landasan teori dan kemudian dianalisa dengan data yang terkumpul, sehingga bisa diambil suatu kesimpulan. Hasil penelitian menyebutkan bahwa suami dan istri memiliki peran dan kewajiban masing-masing terhadap keluarga dan pekerjaannya, Informan pasangan muda di Kecamatan Wonocolo menghadapi tekanan pekerjaan yang signifikan, termasuk beban kerja yang tinggi, persaingan ketat, dan tanggung jawab yang kompleks. Implikasi dari stres kerja tersebut kemudian dianalisis dengan mengacu pada Maqāṣid Al-Sharī’ah, dengan penekanan pada pemenuhan nilai-nilai seperti hubungan antar individu, perlindungan keturunan, sakinah, mawaddah, warohmah, perlindungan nasab, menjaga agama dalam keluarga, menjaga hubungan antar keluarga, manajemen keuangan dalam keluarga. Berdasarkan kesimpulan dari skripsi ini penulis menyarankan, kepada mertua atau orang tua pasangan, tetangga, tokoh masyarakat di Kecamatan Wonocolo, akan lebih baik lagi jika bisa memberikan pemahaman dan penjelasan kepada pasangan yang mengalami kondisi serupa mengenai permasalahan seputar stress kerja, termasuk didalamnya pembagian peran serta kewajiban terhadap anak. Dengan tujuan agar pasangan yang mengalami kondisi serupa mengerti tentang pembagian peran dan kewajiban yang harus dilakukan pada saat suami atau ibu mengalami stres kerja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhan, Ahmad Fathiahmadramaalfathi@gmail.com05040120099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasruhan, Masruhan--2004045901
Subjects: Hukum Islam
Keluarga > Keluarga Islam
Psikologi > Psikologi Kerja
Keywords: Stres kerja; ketahanan keluarga
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: AHMAD FATHI RAMADHAN
Date Deposited: 14 Jun 2024 06:54
Last Modified: 14 Jun 2024 06:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70599

Actions (login required)

View Item View Item