Shalat Tahajud Sebagai Coping Stres Dengan Pendekatan Psikologi Holistik (Kajian Ma’anil Hadits Riwayat Imam al-Tirmidzi No.Indeks 3549)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurisnaini, Maula (2024) Shalat Tahajud Sebagai Coping Stres Dengan Pendekatan Psikologi Holistik (Kajian Ma’anil Hadits Riwayat Imam al-Tirmidzi No.Indeks 3549). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maula Nurisnaini_07010520013 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Maula Nurisnaini_07010520013 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 June 2027.

Download (2MB)

Abstract

Shalat tahajud merupakan shalat sunnah yang dikerjakan dimalam hari setelah kita tidur. Shalat tahajud juga bisa dikerjakan di awal waktu, dipertengahan waktu, ataupun diakhir waktu setelah kita tidur. Banyak sekali manfaat bagi orang yang senantiasa melaksanakn shalat tahajud salah satunya adalah menurunkan stres. Stres adalah gangguan yang sering dialami banyak orang karena pada diri seorang individu tersebut mengalami sebuah tekanan akibat banyaknya permasalahan yang tidak bisa diatasi dengan baik. Shalat tahajud bisa menjadi terapi bagi seseorang yang sedang mengalami stres karena shalat tahajud mengandung dimensi dzikrullah dan memiliki dampak psikologi pada jiwa seseorang. Dengan mengingat Allah, maka jiwa seseorang akan tenang dan tentram. Dalam hadis imam Tirmidzi nomor indeks 3549 ini, Rasulullah SAW memberikan peluang untuk mempelajari lebih dalam mengenai hubungan shalat tahajud dengan kesehatan. Dan pada hadis ini sudah menjelaskan bahwasanya banyak sekali manfaat dari shalat tahajud bagi kesehatan, bukan hanya bagi kesehatan fisik saja tetapi juga kesehatan psikis seperti mental, emosional, dll secara menyeluruh. Jenis penelitian ini yaitu double methode yang merupakan gabungan antara studi kepustakaan (Library Research) dan dengan studi lapangan (Field Research) yang diperoleh melalui wawancara. Penelitian ini tiga tujuan utama. Pertama, untuk menjelaskan kualitas dan kehujjahan hadis mengenai shalat tahajud dalam riwayat Imam Tirmidzi> nomor indeks 3549. Kedua, menjelaskan pemaknaan hadis tentang shalat tahajud dalam riwayat Imam Tirmidzi nomor indeks 3549. Ketiga, menjelaskan implikasi hadis tentang shalat tahajud dalam riwayat Imam Tirmidzi nomor indeks 3549 bagi orang yang mengalami stres dengan pendekatan psikologi holistik. Hasil yang di dapat dari penelitian ini yaitu: 1) Status hadis tentang shalat tahajud dalam riwayat Imam Tirmidzi nomor indeks 3549 memiliki kualitas h{asan li dzatihi dan dapat dijadikan hujjah, 2) Makna yang terkandung dalam hadis riwayat Imam Tirmidzi nomor indeks 3549 memuat paparan mengenai shalat tahajud yang dapat mengahalangi dosa, menghapus kesalahan, dan menolak penyakit dari badan, 3) implikasi hadis riwayat Imam Tirmidzi nomor indeks 3549 terhadap kebiasaan shalat tahajud dapat menjadikan orang yang shalaih, terhindar dari dosa, dan terhindar dari penyakit, serta pentingnya menggunakan strategi coping yang tepat untuk mengatasi masalah yang sedang dihadapi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurisnaini, Maulamaulanurisnaini10@gmail.com07010520013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhodijah, Khodijahuchykhadijah7@gmail.com2010116601
Subjects: Agama
Psikologi
Salat
Hadis
Keywords: Shalat Tahajud; Stres; Psikologi Holistik; Sunan Tirmidzi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Maula Nurisnaini
Date Deposited: 14 Jun 2024 01:34
Last Modified: 14 Jun 2024 01:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70609

Actions (login required)

View Item View Item