Menuduh Kafir dalam perspektif hadis : kajian ma ‘anil hadith riwayat al-Tirmidhi, Nomor Indeks 2637

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umam, Haerul (2024) Menuduh Kafir dalam perspektif hadis : kajian ma ‘anil hadith riwayat al-Tirmidhi, Nomor Indeks 2637. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Haerul Umam_07040520082 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Haerul Umam_07040520082 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 June 2027.

Download (1MB)

Abstract

Belakangan ini, penggunaan kata kafir kerap menimbulkan kontroversi dan dinilai mengganggu tali silaturahmi antar umat satu negara, misalnya dalam persidangan kyai atas tuduhan menyinggung dengan melabeli orang yang tidak salat kafir. Bermula, setelah ikut kajian seorang ustadz yang membahas tentang fadilah Hari Jum`at dan dihadiri oleh para remaja yang seumuran dengan penulis. Diakhir kajian, beliau berpesan agar tidak meninggalkan shalat jum`at sampai tiga kali berturut-turut. Dan melabeli orang yang meninggalkan shalat jum`at tersebut kafir. Dua hari setelah kajian itu, saat hendak bermain sepak bola bersama teman-teman dan permainan itu dimulai dari pukul 16:00-17:30 WITA. Di sela waktu bermain, ada teman yang berinisial (R) memanggil kafir kepada teman yang berinisial (T) Secara tiba-tiba dan kejadian ini terjadi satu tahun yang lalu dilapangan Panti Asuhan (PA).Dalam penelitian ini penulis membahas hadis tentang menuduh kafir yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi nomor indeks 2637 dengan tiga rumusan masalah. Pertama, Bagaimana kualitas hadis Riwayat Tirmidzi no indeks 2637 tersebut. Kedua, Bagaimana kehujjahan hadis Riwayat Tirmidzi no indeks 2637 tersebut. Ketiga, Bagaimana pemaknaan hadis tentang menuduh kafir dalam Sunan at-Tirnidzi no indeks 2637 tersebut. Jenis penelitian yang penulis pakai adalah jenis kepustakaan (Library Research), adalah proses yang objek utamanya menggunakan buku, jurnal, skripsi dan sumber literatur lainnya. dengan sifat Kualitatif. Dari analisa yang dilakukan, terdapata poin penting yang dihasilkan oleh penulis dalam penelitian ini. Pertama, kualitas hadis riwayat Imam Tirmidzi nomor indeks 2637 Shahih li ghayrihi. Kedua, hadis ini termasuk hadis maqbul, dimana hadis tersebut dapat diterima dan dapat dijadikan hujjah. Ketiga, Pemaknaan hadis tentang menuduh saudaranya kafir riwayat Tirmidzi dapat menghukum orang dengan kufur atau mengkafirinya, padahal dia seorang muslim sama artinya ia menghina atau melecehkan seseorang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umam, Haerulhaerulumam006@gmail.com07040520082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSucipto, Mohammad Hadihadi_hz@uinsby.ac.id2010037502
Subjects: Hadis
Keywords: Menuduh kafir; studi ma`anil; kitab Sunan at-Tirmidzi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Haerul Umam
Date Deposited: 19 Jun 2024 13:30
Last Modified: 19 Jun 2024 13:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70613

Actions (login required)

View Item View Item