مشكلات اتقان مهارة الاستماع والكلام لطلاب الصف الحادي عشر بالمدرسة اللثانوية الحكومية سورابايا في العام الدراسي 2023/2024 (دراسة حالة من وجهة فرضية التصفية العاطفية عند كراشين)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amalia, Yasmin Firda (2024) مشكلات اتقان مهارة الاستماع والكلام لطلاب الصف الحادي عشر بالمدرسة اللثانوية الحكومية سورابايا في العام الدراسي 2023/2024 (دراسة حالة من وجهة فرضية التصفية العاطفية عند كراشين). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yasmin Firda Amalia_06020220061.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Yasmin Firda Amalia_06020220061_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 June 2027.

Download (8MB)

Abstract

Tujuan pembelajaran bahasa Arab salah satunya adalah penguasaan empat kemampuan dasar berbahasa. Kemampuan mendengar dan berbicara dianggap sebagai kemampuan awal dalam pembelajaran bahasa. Namun, dalam pelaksanaannya masih banyak peserta didik yang memeiliki kendala ataupun problematika sehingga menghambat penguasaan kemampuan mendengar dan berbicara mereka. Namun pada penelitian ini peneliti lebih memfokuskan pada problematika belajar yang dikaitkan dengan teori hypotesis affective filter oleh Stephen Krashen. Hal tersebut juga terjadi pada peserta didik kelas XI MAN Kota Surabaya. Oleh karena itu, pada penelitian ini peneliti menganalisis pelaksananan pembelajaran maharah istima’ kalam pada peserta didik kelas XI MAN Kota Surabaya beserta problematika yang mereka hadapi dan solusi untuk mengurangi problematika tersebut. Untuk menjawab permasalahan diatas, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-K yang berjumlah 34 peserta didik. Adapun teknik analisis data dimulai dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya problematika penguasaan maharah istima’ kalam pada peserta didik kelas XI-K MAN Kota Surabaya yang disebabkan oleh kurangnya motivasi belajar, rendahnya percaya diri dan tingginya kecemasan. Pada penelitian ini peneliti juga menemukan beberapa faktor munculnya affective filter dalam diri peserta didik serta solusi untuk meminimalisasinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amalia, Yasmin Firdayasminfirda2607@gmail.com06020220061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThohir, Muhammadmuhammadthohir@uinsby.ac.id2025077402
Thesis advisorAfifudin Dimyathi, Muhammadafifudindimyathi@uinsby.ac.id2007057901
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Problematika; maharah istima‟ kalam; teori hipotesis affective Filter oleh Stephen Krashen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Yasmin Firda Amalia
Date Deposited: 19 Jun 2024 03:25
Last Modified: 19 Jun 2024 03:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70678

Actions (login required)

View Item View Item