Pengaruh literasi wakaf, pendapatan, kepercayaan lembaga, dan sikap altruisme terhadap Keputusan wakif berwakaf uang dengan Religiositas Sebagai Variabel Moderasi Pada Masyarakat Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayat, Ahmad Agus (2024) Pengaruh literasi wakaf, pendapatan, kepercayaan lembaga, dan sikap altruisme terhadap Keputusan wakif berwakaf uang dengan Religiositas Sebagai Variabel Moderasi Pada Masyarakat Kota Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Agus Hidayat_02040322005 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ahmad Agus Hidayat_02040322005 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 June 2027.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh literasi wakaf, pendapatan, kepercayaan lembaga, dan sikap altruisme terhadap Keputusan Wakif berwakaf Uang dengan Religiositas Sebagai Variabel Moderasi Pada Masyarakat Kota Surabaya. Pendekatan kuantitatif digunakan pada penelitian ini. Sedangkan data yang dipakai merupakan data primer yang diperoleh dari masyarakat kota Surabaya yang pernah berwakaf uang. 320 wakif digunakan sebagai sampel. Teknik pengambilan data dilakukan melalui penyebaran angket dan Google From berskala 4 dan dilanjutkan pada tahapan analisis data dengan Partial Least Square melalui aplikasi SmartPLS 4.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi wakaf berpengaruh terhadap keputusan wakif berwakaf uang. Pendapatan tidak berpengaruh terhadap keputusan wakif berwakaf uang. Kepercayaan lembaga berpengaruh terhadap keputusan wakif berwakaf uang. Sikap altruisme tidak berpengaruh terhadap keputusan wakif berwakaf uang. Sementara itu, religiositas tidak memoderasi (memperkuat) hubungan antara pengaruh literasi wakaf, pendapatan, kepercayaan lembaga dan sikap altruisme terhadap keputusan wakif berwakaf uang pada masyarakat kota Surabaya. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi kepada lembaga pendidikan perguruan tinggi guna menciptakan sistem wakaf yang meliputi wakif, nadzir, maukuf ‘alaihi dan maukuf bih agar setiap elemen di lingkungan pendidikan untuk lebih terbiasa dan memandang wakaf sebagai suatu perbuatan yang tepat dan perlu dilaksanakan. Selain itu, bagi pengelola wakaf di Surabaya untuk memberikan edukasi mendalam mengenai pentingnya faktor agama dalam menumbuhkan semangat untuk terus berwakaf. Faktor agama memanglah penting hanya saja bukan satu-satunya yang perlu dimaksimalkan akan tetapi kebutuhan akan nadzir yang profesional menjadi penting karena masih banyak nadzir yang tidak kompeten dan mengakibatkan menurunnya tingkat kepercayaan masyarakat kepada lembaga wakaf. Sedangkan bagi masyarakat Surabaya agar lebih giat mendalami literasi wakaf uang supaya meningkatkan pemahamannya mengenai wakaf. Begitupun untuk peneliti selanjutnya diharapkan lebih selektif memilih daerah yang lebih luas dan tidak terbatas pada wilayah yang didominasi masyarakat muslim, bisa jadi sebagian besar masyarakatnya sudah paham akan pentingnya berwakaf uang. Begitupun untuk wilayah yang diteliti tidak cukup hanya di 1 kota saja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayat, Ahmad Agusahmadagushidayatsampit7@gmail.com02040322005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Mustofamustofa@uinsby.ac.id2030107702
Thesis advisorAndriani, Samsuriandriani@uinsby.ac.id2002087603
Subjects: Ekonomi Islam
Wakaf
Keywords: Literasi Wakaf; Pendapatan; Kepercayaan Lembaga; Sikap Altruisme; dan Keputusan Berwakaf Uang
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ahmad Agus Hidayat
Date Deposited: 20 Jun 2024 16:17
Last Modified: 20 Jun 2024 16:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70709

Actions (login required)

View Item View Item