Flexing dan kontrol diri: Zuhud Hamka sebagai terapi kontrol diri Gen-Z Pagerwojo Buduran Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rofiqo, Zuhriyatul (2023) Flexing dan kontrol diri: Zuhud Hamka sebagai terapi kontrol diri Gen-Z Pagerwojo Buduran Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zuhriyatul Rofiqo_E07219038.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Zuhriyatul Rofiqo_E07219038_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 June 2027.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai FLEXING DAN KONTROL DIRI (Zuhud Hamka Sebagai Terapi Kontrol Diri Gen-Z Pagerwojo Buduran Sidoarjo). Hal yang melatarbelakangi kepenulisan skripsi ini adalah jika dicermati tergambar jika masyarakat Kota Sidoarjo hidup dalam kemakmuran dan kemewahan. Namun, fakta menyatakan lain bahwa hidup sekarang semua bisa dipoles dan direkayasa. Dengan kata lain, banyak orang yang melakukan flexing terutama Gen-Z untuk menutupi dirinya dari kekurangan dan kelemahan. Melalui penelitian ini penulis ingin memberikan sudut pandang yang berbeda agar membuka sudut pandang baru di masyarakat terkait adanya flexing atau pamer harta di berbagai medsos pribadinya. Sehingga masalah yang akan diangkat penulis pada penelitian saat ini ialah untuk mengetahui bagaimana metode terapi kontrol diri dalam menghindari flexing, serta bagaimana teknik atau cara penerapan zuhud Hamka pada flexing Gen-Z. Dalam penelitian ini menggunakan jenis Penelitian tindakan (action research). Adapun teknik pengumpulan data terdiri dari identifikasi masalah, perumusan tujuan, merencanakan tindakan yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan, pelaksanaan tindakan setelah perencanaan selesai dilakukan pelaksanaan tindakan yang telah direncanakan, evaluasi setelah tindakan dilaksanakan, refleksi tahap terakhir sumber data sekunder yang berasal dari jurnal, artikel, skripsi, hingga karya ilmiah lainnya yang masih relevan dengan penelitian penulis. Dalam pemikiran Hamka banyak membahas tentang konsep zuhud, yaitu sebuah prinsip kehidupan yang mengajarkan untuk mengendalikan nafsu dan mengejar kebahagiaan dunia akhirat. Menurut Hamka, zuhud bukanlah menghindari dunia dan hidup dalam kesendirian, tetapi bagaimana menjaga keseimbangan antara dunia dan akhirat. Hamka mengatakan bahwa zuhud adalah cara hidup yang menjadikan manusia merasa cukup dengan apa yang dimilikinya, tidak tergoda oleh kekayaan dan kemewahan, serta mampu mengendalikan nafsu untuk memenuhi keinginan duniawi. Menurut Hamka, orang yang zuhud tidak hanya mencari keuntungan materi, tetapi juga mencari keuntungan spiritual.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rofiqo, Zuhriyatulzuhriyatullroffiqo@gmail.comE07219038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasruddin, Nasruddinnasruddin@uinsby.ac.id2003087301
Subjects: Tasawuf
Keywords: Flexing; kontrol diri; Zuhud Hamka
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Zuhriyatul Rofiqo
Date Deposited: 21 Jun 2024 02:27
Last Modified: 21 Jun 2024 02:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70739

Actions (login required)

View Item View Item