Good Governance Bisnis Syariah (GGBS) dana Infak Linked Business (ILB): studi kasus pada PT. Rijan Dinamis Selaras (RDS) Pondok Pesantren Riyadlul Jannah Pacet Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kirom, Cihwanul (2024) Good Governance Bisnis Syariah (GGBS) dana Infak Linked Business (ILB): studi kasus pada PT. Rijan Dinamis Selaras (RDS) Pondok Pesantren Riyadlul Jannah Pacet Mojokerto. PhD thesis, UIN Sunan Ampel, Surabaya.

[img] Text
Cihwanul Kirom_F53317083 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 June 2027.

Download (6MB)
[img] Text
Cihwanul Kirom_F53317083.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjawab permasalahan tentang pengelolaan dana ILB dan implementasi Good Governance Bisnis Syariah (GGBS) pada PT. Rijan Dinamis Selaras Pondok Pesantren Riyadlul Jannah, Pacet, Mojokerto. Jenis penelitian kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus eksploratori dengan berfokus hanya satu sisi Good Governance Bisnis Syariah Dana Infak Linked Business (ILB) setting penelitian pada PT. Rijan Dinamis Selaras Pondok Pesantren Riyadlul Jannah, Mojokerto. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan, wawancara dan telaah dokumen. Hasil penelitian pengelolaan dana ILB yang bertanggung jawab adalah divisi pengawas syariah. Pengembangan dana infak dilakukan pada sektor bisnis dan investasi. Model pengelolaan dana ILB yang dilakukan oleh PT RDS merupakan aplikasi dari pengelolaan dana ZISWAF ke sektor riil atau produktif sebagaimana masterplan ekonomi syariah 2019-2024. Implementasi Good Governance Bisnis Syariah (GGBS) dana ILB PT Rijan Dinamis Selaras mendapatkan skor 31 dari 36 indikator, dikarenakan divisi pengelola dana ILB PT RDS berorientasi sosial sedangkan GGBS adalah indeks untuk entitas bisnis syariah. Implikasi teoretik penelitian ini mendukung penelitian Lusy bahwa penerapan GCG positif signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan dalam pengawasan dana ILB mendukung Walid Mansour dan M Ishaq Bhatti yang berpendapat bahwa Islamic Corporate Governance (ICG) tidak lagi melakukan pengawasan dan pengaturan secara tradisional dan dilengkapi dengan variable multi fungsi agar lembaga keuangan Islam mampu bersaing dalam pasar global. Implikasi praktisnya perlunya indeks baru dalam penerapan syariah pada perusahaan profit oriented yang mengelola dana ZISWAF, yaitu dengan 36 variabel GGBS dikurangi pemegang saham mayoritas dan ditambahkan variable maŞlahah untuk mengetahui seberapa manfaat yang dihasilkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kirom, Cihwanulmukarrom@iainkudus.ac.idF53317083
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyam, Nurnursyam7@yahoo.co.id200705580
Thesis advisorArifin, Aliaaarifin07@gmail.com2014126201
Subjects: Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah
Ekonomi Islam
Keywords: Good Corporate Governance; Good Governance Bisnis Syariah (GGBS); Infak dan Bisnis
Divisions: Program Doktor > Ekonomi Syariah
Depositing User: Cihwanul Kirom
Date Deposited: 21 Jun 2024 04:13
Last Modified: 21 Jun 2024 04:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70746

Actions (login required)

View Item View Item