Strategi bisnis UMKM dalam meningkatkan modal usaha dan profitabilitas: studi kasus di UMKM Bangraden Food Kota Malang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulya, Nadziratul (2022) Strategi bisnis UMKM dalam meningkatkan modal usaha dan profitabilitas: studi kasus di UMKM Bangraden Food Kota Malang. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadziratul Ulya_02040320042 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 June 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Nadziratul Ulya_02040320042.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk: Pertama, menganalisis strategi UMKM Bangraden Food Kota Malang dalam menarik investor untuk menghimpun modal usaha, kedua, menganalisis trategi bisnis yang diterapkan UMKM Bangraden Food Kota Malang untuk meningkatkan profitabilitas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskritif. Sumber data diperoleh melalui data primer dan sekunder dengan prosedur pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Beberapa informan dalam penelitian ini diantaranya adalah pemilik UMKM Bangraden, karyawan, investor dan konsumen UMKM Bangraden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: Pertama, Strategi UMKM Bangraden Food Kota Malang dalam menarik investor untuk menghimpun modal usaha terdiri dari empat, yaitu Strategi Promosi dengan cara personal selling, strategi kerjasama menggunakan sistem mudhᾱrabah, strategi segmentasi dengan pengelompokan segmen berdasarkan segmentasi geografis, segmentasi demografis, segmentasi psikografis, dan segmentasi perilaku. Dan Strategi Targeting. Kedua, Strategi bisnis yang diterapkan UMKM Bangraden Food Kota Malang untuk meningkatkan profitabilitas terdiri dari enam strategi, yaitu: Strategi Produk melalui beberapa tahapan dengan memertimbangkan beberapa unsur penting dalam suatu produk, yaitu kualitas produk, fitur produk, dan desain produk, strategi harga dengan mengadakan diskon dengan nominal biaya pembelian tertentu dan promo-promo yang diadakan melalui media sosial atau e- commerce, strategi promosi melalui personal selling (pemasaran secara langsung), Publisitas (Pengiklanan), dan Sales promotion (mengikuti event atau bazaar), strategi tempat dengan cara memanfaatkan kekuatan lokasi yang strategis untuk mendapatkan peluang pasar yang lebih besar, pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan meningkatkan kualitas SDM yang berfikir kreatif dan produktif, dan peningkatan kualitas pelayanan offline maupun online. Pengelola UMKM Bangraden Kota Malang sebaiknya bisa lebih memanfaatkan potensi lokasi yang strategis dengan menambah kuantitas SDM. Selain itu UMKM Bangraden sebaiknya menambah varian produk dan rasa produk untuk mengatasi pesaing dan tantangan-tantangan di masa depan untuk memuaskan konsumen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulya, Nadziratululyanadzira@gmail.com02040320042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRitonga, Iskandariskandarritonga@yahoo.com2015066502
Thesis advisorYazid, Muhammadmuhammadyazid02@gmail.com2017117304
Subjects: Ekonomi
Masyarakat
Pedagang
Keywords: Strategi bisnis; UMKM; modal; profitabilitas
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ulya Nadzira Nadzira
Date Deposited: 21 Jun 2024 09:23
Last Modified: 21 Jun 2024 09:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70748

Actions (login required)

View Item View Item