Perempuan karir dalam hadis: kajian ma'anil hadis Imam Muslim no Indeks 2542 persepektif Yusuf Qardawi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahyaningtias, Reliz Ummy (2024) Perempuan karir dalam hadis: kajian ma'anil hadis Imam Muslim no Indeks 2542 persepektif Yusuf Qardawi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Reliz Ummy Cahyaningtias_07040520094.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Reliz Ummy Cahyaningtias_07040520094_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 June 2027.

Download (2MB)

Abstract

Pembahasan mengenai perempuan masih sangat layak untuk dikaji saat ini, tentunya karena perempuan mempunyai keunikan dan keindahan tersendiri pada surah QS. Al-Ahzab ayat 33 Hal tersebut menunjukkan bahwa perempuan memang menarik di mata laki-laki, namun tidak dapat dipungkiri bahwa perempuan masih dianggap tidak memiliki kecerdasan, dan perempuan dianggap sebagai perempuan yang hanya bisa berdiam diri di rumah untuk mengurus keluarga atau keluarga. Meski perempuan terlahir sempurna ini menyebabkan perempuan sering ditempatkan pada urutan kedua atau setiap saat terpinggirkan dibandingkan dengan pria. Pemahaman masyarakat masih kurang memahami dan meyakini bahwa posisi pekerjaan perempuan hanya ada di ranah atau kondisi lingkungan domestik. Bahkan kita sering mendengar tentang hak-hak perempuan, kesetaraan gender, lalu gerakan feminis yang memperjuangkan hak perempuan atas pendidikan, bagaimana perempuan berpartisipasi dalam lingkungan politik dan sosial, dll. hal tersebut disebabkan oleh pemikiran atau pemahaman masyarakat yang bersifat tekstual, absolut, normatif terhadap suatu ayat Al-Qur'an.Agama Islam menghendaki agar wanita melakukan pekerjaan yang tidak bertantangan dengan kodrat dan tidak mengukung haknya didalam pekerjaannya, serta perilaku yang bertentangan dengan syariat Islam. Model penelitian ini menggunakan studi kepustakaan (library research). Studi kepustakaan meliputi kitab-kitab hadis, kitab-kitab syarah, buku-buku kajian, dan jurnal pendukung yang berkaitan dengan penelitian. Rumusan masalah yang diambil dalam penelitian ini meliputi pemaknaan hadis 2452 riwayat Imam Muslim Perempuan karir dalam hadis. Dengan tujuan untuk menjelaskan pemaknaan hadis riwayat Imam muslim 2452, untuk menjelaskan bagaimana peran perempuan karir dalam hadis dan untuk memaparkan bagaimana Relevansi hadis riwayat Imam bukhari no indeks 2452 dengan perempuan karir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahyaningtias, Reliz Ummyrelisummy1106@gmail.com07040520094
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRochmawati, Idaidarahma@uinsby.ac.id2123017602
Subjects: Bahasa Arab
Cerita dalam Al Qur'an
Etos Kerja
Keywords: Perempuan karir; hadis Imam Bukhari
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Relis Ummy Cahyaningtias
Date Deposited: 21 Jun 2024 03:31
Last Modified: 21 Jun 2024 03:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70767

Actions (login required)

View Item View Item