Pengaruh hipnoterapi zikir terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas IX di SMP Al Falah Darussalam Tropodo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Haryanto, Chintya Octavia Sri (2024) Pengaruh hipnoterapi zikir terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas IX di SMP Al Falah Darussalam Tropodo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Chintya Octavia Sri Haryanto_07010620006 OK.pdf

Download (755kB)
[img] Text
Chintya Octavia Sri Haryanto_07010620006 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 June 2027.

Download (6MB)

Abstract

Motivasi belajar ialah pendorong bagi setiap individu untuk melakukan kegiatan belajar. SMP Al Falah Darussalam dikenal sebagai salah satu sekolah Islam unggulan di Sidoarjo yang menekankan aspek spiritualitas untuk menjaga motivasi belajar siswanya. Namun, masih ada beberapa permasalahan yang dihadapi terutama hal yang menyangkut motivasi belajar. Rumusan masalah pada penelitian ini ialah 1) bagaimana penerapan hipnoterapi zikir terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas IX SMP Al Falah Darussalam? serta 2) bagaimana pengaruh hipnoterapi zikir terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas IX SMP Al Falah Darussalam? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan serta pengaruh dari hipnoterapi zikir terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas IX SMP Al Falah Darussalam. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen semu time series. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Subjek penelitian pada penelitian ini ialah siswa kelas IX SMP Al Falah Darussalam, terutama kelas 9.4 sebanyak 26 orang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapati bahwa 1) penerapan hipnoterapi zikir dilakukan melalui enam tahapan, yaitu pre-induction, uji sugestibilitas, induction dengan berzikir, deepening, suggestion, dan termination. 2) Dari perhitungan uji paired sample t-test, didapati hasil Sig.(2-tailed) sebesar 0,014. Maka, hipnoterapi zikir (X) berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar (Y) karena 0,014 < 0,05. Lebih lanjut, berdasarkan hasil uji koefisien determinasi, variabel hipnoterapi zikir dalam penelitian ini mampu mempengaruhi 50,7% dari variabel motivasi belajar. Sedangkan sisanya, 49,3% dari perubahan variabel motivasi belajar dipengaruhi oleh faktor-faktor di luar penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Haryanto, Chintya Octavia Srioctavia.chintya@gmail.com07010620006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYazid, Syaifullohkenzie102013@gmail.com20207906
Subjects: Bimbingan Belajar
Motivasi Belajar
Psikoterapi > Psikoterapi Islam
Spiritualisme
Keywords: Hipnoterapi; Zikir; Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Chintya Octavia Sri Haryanto
Date Deposited: 24 Jun 2024 05:55
Last Modified: 24 Jun 2024 05:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70777

Actions (login required)

View Item View Item