Implementasi media power point interktif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan kelas V di MINU Ngingas Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Arindah Nuzulia (2024) Implementasi media power point interktif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan kelas V di MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arindah Nuzulia Rohmah_06040720065 OK.pdf

Download (597kB)
[img] Text
Arindah Nuzulia Rohmah_06040720065 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 June 2027.

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena kemampuan berpikir kritis siswa kelas V-B masih tergolong rendah akibat kurangnya perbedaan penggunaan media pada proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian guru jarang menggunakan media pembelajaran kegita proses pembelajaran, oleh karena itu banyak peserta didik yang terlihat pasif saat proses pembelajaran dan tidak terlalu memperhatikan penjelasan guru. Selain itu, hasil nilai pra siklus mencapai 20% peserta didik yaitu 7 dari 35 peserta didik yang mendapat nilai di atas KKM pada kelas V-B. Peneliti berupaya meningkatkan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media power point interaktif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) penggunaan media power point intersktif dapat dilaksanakan secara efektif terbukti dengan peningkatan observasi aktivitas guru dari 70 (kurang baik) pada siklus I menjadi 92,5 (sangat baik) pada siklus II. Observasi aktivitas peserta didik meningkat dari 71,4 (cukup) pada siklus I menjadi 89,2 (baik) pada siklus II. Setelah menggunakan media power point interaktif pada proses pembelajaran, kemampuan berpikir peserta didik meningkat yang ditandai dengan peningkatan persentase ketuntasan belajar pada pra siklus yaitu sebesar 20% (kurang), pada siklus I meningkat dari 22,8% menjadi 42,8%. (kurang), pada siklus II meningkat sebesar 42,9% menjadi 85,7% (baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Arindah Nuzuliaarindanuzulia04@gmail.com06040720065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2010097301
Thesis advisorErfansyah, Nasrul Fuaderfansyah@uinsby.ac.id2128058301
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Pancasila
Keywords: Media Power Point Interaktif; Kemampuan Berpikir Kritis.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ARINDAH NUZULIA ROHMAH
Date Deposited: 24 Jun 2024 03:22
Last Modified: 24 Jun 2024 03:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70779

Actions (login required)

View Item View Item