Karakteristik tafsir tematik surat Nouman Ali Khan di kanal youtube Nouman Ali Khan-Official-Bayyinah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizasawan, Alghaniy Pramudya (2024) Karakteristik tafsir tematik surat Nouman Ali Khan di kanal youtube Nouman Ali Khan-Official-Bayyinah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alghaniy Pramudya Rizasawan_07010320006.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Alghaniy Pramudya Rizasawan_07010320006_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 June 2027.

Download (5MB)

Abstract

Dewasa ini penggunaan media sosial dalam menafsirkan Al-Qur’an menjadi sebuah keniscayaan. Sebab media sosial menawarkan kecepatan dan kemudahan menjangkau segala lapis audiens terhadap pemahaman Al-Qur’an. Salah satu tafsir media sosial yang popular dan berpengaruh saat ini ialah Nouman Ali Khan dengan kanal Youtubenya bernama Bayyinah dan platform streaming berbayarnya bernama Bayyinah TV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakteristik penafsiran pada kanal Youtube Bayyinah dan model tafsir tematik surat Nouman Ali Khan pada salah satu daftar putar di kanal Youtubenya Bayyinah (playlist) berjudul a deeper look yang berisi video-video tafsir tematik surat. Dalam mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif-analisis. Penelitian ini menyajikan data dan penjelasan mengenai karakteristik penafsiran dan model tafsir tematik surat Nouman Ali Khan di kanal Youtube Bayyinah dan Bayyinah Tv dengan dipetakan menggunakan metodologi tafsir Islah Gusmian yang terdiri dari aspek teknis kepenulisan tafsir dan hermeneutika tafsir. Hasil dari penelitian ini adalah karakteristik penafsiran Nouman dari aspek penulisan, memiliki sistematika dan bentuk penyajian sesuai jenis tafsirnya. Ia dan timnya yang memiliki latar keilmuan disiplin ilmu tafsir Al-Qur’an mengadopsi bentuk tafsir audio visual yang disampaikan dengan gaya bahasa popular. Dengan menggunakan rujukan dari berbagai sumber, baik buku-buku tafsir klasik-modern dan sumber non tafsir seperti buku, video, internet dan sebagainya. Sedangkan dari aspek hermeneutik Al-Qur’an menggunakan metode pemikiran dengan pendekatan tekstual dan bernuansa sosial kemasyarakatan (Adabī Ijtimā’ī). Kemudian untuk model tematik surat, Nouman memiliki kedekatan metodologis dengan teori naẓm dari tokoh al-Farāhi dan Islahi. Membagi menjadi beberapa ayat ke dalam beberapa kelompok sesuai temanya, disebut tema kecil. Sedangkan tema besar merupakan penggabungan seluruh tema-tema kecil tadi. Farāhi dan Islahi menyebutnya dengan ‘amud sedangkan Nouman menyebutnya tema sentral atau tema dominan. Selain itu ketiganya memiliki kedekatan geografis (berasal dari Pakistan) sehingga Nouman dapat mengakses karya-karya al-Farāhi dan Islahi yang berbahasa urdu. Hal ini dikuatkan dengan pernyataan Nouman atas kekagumannya terhadap teori naẓm (coherence speech) untuk mengungkap keindahan struktur Al-Qur’an.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizasawan, Alghaniy Pramudyaalghaniy28@gmail.com07010320006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorCholily, Naufalnaufalcholily@uinsby.ac.id2027048701
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Karakteristik tafsir; tematik surat; Nouman Ali Khan; youtube; tafsir audiovisual
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Alghaniy Pramudya Rizasawan
Date Deposited: 25 Jun 2024 04:38
Last Modified: 25 Jun 2024 04:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70786

Actions (login required)

View Item View Item