Implementasi kompetensi kewirausahaan kepala madrasah dalam meningkatkan kesejahteraan guru di MTs Nurul Huda Sedati

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Arum Sukma (2024) Implementasi kompetensi kewirausahaan kepala madrasah dalam meningkatkan kesejahteraan guru di MTs Nurul Huda Sedati. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arum Sukma Sari_06040320073.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Arum Sukma Sari_06040320073_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 June 2027.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Implementasi Kompetensi Kewirausahaan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kesejahteraan Guru di MTs Nurul Huda Sedati. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai kompetensi kewirausahaan kepala madrasah di MTs Nurul Huda Sedati, peningkatan kesejahteraan guru di MTs Nurul Huda Sedati dan implementasi kompetensi kewirausahaan kepala madrasah dalam meningkatkan kesejahteraan guru di MTs Nurul Huda Sedati. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun informan penelitian terdiri dari kepala madrasah, kepala tata usaha, wakil kepala bidang sarana dan prasarana, guru pengurus koperasi, dan guru pengurus kantin. Data penelitian diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan model interaktif Miles dan Huberman dalam melakukan analisis dan interpretasi data serta menggunakan teknik triangulasi dalam menguji keabsahan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kompetensi kewirausahaan kepala madrasah di MTs Nurul Huda Sedati dibuktikan melalui kepala madrasah sudah mampu menerapkan karakteristik kompetensi kewirausahaan diantaranya, bersikap inovatif, pekerja keras, mampu memotivasi, pantang menyerah, dan memiliki naluri kewirausahaan yang bertujuan untuk mengambil peluang usaha. (2) Peningkatan kesejahteraan guru di MTs Nurul Huda Sedati dilihat dari beberapa faktor diantaranya, sarana dan prasarana yang memadai, penghasilan yang cukup, dan lingkungan kerja yang nyaman. Madrasah juga mengadakan program pelatihan dan pengembangan profesional guru, serta upaya kepala madrasah melalui penerapan kebijakan kewirausahaan untuk menunjang peningkatan kesejahteraan guru. (3) Implementasi kompetensi kewirausahaan kepala madrasah dalam meningkatkan kesejahteraan guru di MTs Nurul Huda Sedati berjalan dibidang koperasi dan penyewaan kantin dengan kepengurusan bersama. Kendala yang dihadapi program kewirausahaan yang dijalankan di MTs Nurul Huda Sedati adalah keterbatasan lahan dan perbedaan kebijakan di setiap unit madrasah sehingga menyebabkan penurunan pemasukan madrasah. Sedangkan peran kepala MTs Nurul Huda Sedati terbukti berdampak positif bagi kesejahteraan guru dilihat dari banyaknya guru yang termotivasi untuk mengembangkan kewirausahaan secara mandiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Arum Sukmaarumsukmaaa@gmail.com06040320073
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriatin, Nurnurfitriatin@uinnsby.ac.id2012016701
Thesis advisorBachtiyar, Machfudbachtiyar.mahfud@gmail.com2009047701
Subjects: Guru
Kepala Sekolah
Manajemen Pendidikan
Keywords: Kompetensi kewirausahaan; kepala madrasah; peningkatan kesejahteraan guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Arum Sukma Sari
Date Deposited: 25 Jun 2024 02:19
Last Modified: 25 Jun 2024 02:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70789

Actions (login required)

View Item View Item