Analisis pemaknaan ulil amri dalam penentuan awal bulan kamariah perspektif pengurus wilayah Nahdlatul Ulama dan pimpinan wilayah Muhammadiyah Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurcahyono, Slamet (2024) Analisis pemaknaan ulil amri dalam penentuan awal bulan kamariah perspektif pengurus wilayah Nahdlatul Ulama dan pimpinan wilayah Muhammadiyah Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIn Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Slamet Nurcahyono_C06219030.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Slamet Nurcahyono_C06219030_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 June 2027.

Download (5MB)

Abstract

Perbedaan dalam penentuan awal bulan Kamariah adalah masalah yang cukup kompleks dan sering kali menjadi topik diskusi di berbagai Organisasi Islam, termasuk Indonesia. Dalam hal penentuan awal bulan Kamariah, Nahdlatul Ulama sering sependapat dengan Pemerintah, namun Nahdlatul Ulama juga pernah berbeda dengan Pemerintah. Sedangkan Muhammadiyah kerap mengumumkan awal bulan Kamariah berbeda dengan pemerintah. Hal ini tidak selaras ketika dihubungkan dengan ketaatan terhadap ulil amri, walaupun memiliki pendekatan yang berbeda dalam penentuan awal bulan Kamariah menjadi salah satu prinsip yang dijunjung tinggi Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah akan menghormati pandangan dan penentuan ulama-ulama mereka dalam hal-hal seperti ini. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui penentuan awal bulan Kamariah perspektif Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur dan pemaknaan ulil amri dalam penentuan awal bulan Kamariah perspektif Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data primer berasal dari hasil wawancara dengan Ketua Lembaga Falakiyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur dan Pengurus Majelis Tajrih dan Tajdid Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur. Sementara itu, data sekunder yang diperoleh dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, artikel, dan sumber lainnya akan memberikan landasan teoritis dan kontekstual yang mendukung pemahaman dalam penelitian. Analisis data sekunder menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan normatif empiris akan membantu menguraikan dan menggambarkan fenomena tersebut dengan mempertimbangkan norma-norma, teori, dan konsep yang terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari perspektif Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur, ulil amri mengacu kepada para ulama atau pemimpin agama yang memiliki pengetahuan dan otoritas dalam menentukan awal bulan Kamariah berdasarkan kriteria-kriteria tertentu, walaupun itu didelegasikan kepada pemerintah atau Kementrian Agama. Sementara itu dari perspektif Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur, ulil amri diartikan sebagai para pemmimpin atau tokoh agama yang berkompeten dalam menentukan awal bulan Kamariah berdasarkan kaidah-kaidah dan metodeyang dianut dalam Muhammadiyah. Keduannya memiliki pandangan yang berbeda dalam metode penentuan awal bulan Kamariah, namun keduanya memiliki tujan yang sama, yaitu untuk memastikan kepatuhan umat dalam menentukan awal bulan Kamariah yang akurat sesuai dengan ajaran dan tata cara yang mereka anut masing-masing. Meskipun terjadi perbedaan pendapat dalam metode penetapan awal bulan Kamariah, kedua organisasi tetap bekerja sama dengan pemerintah dalam upaya mencapai consensus atau kesepakatan yang dianggap sesuai dengan kepentingan umat Islam secara luas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurcahyono, Slametc06219030@student.ac.idC06219030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDamanhuri, Adiadidamanhuri@gmail.com0301118605
Subjects: Falak
Keywords: Penentuan awal bulan kamariah; Nahdlatul Ulama; Muhammadiyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Slamet Nurcahyono Siti Aisyah
Date Deposited: 25 Jun 2024 02:53
Last Modified: 25 Jun 2024 02:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70791

Actions (login required)

View Item View Item