Analisis fiqh siyasah maliah terhadap transaparasi anggaran desa tahun 2020 untuk penanganan covid-19 di Desa Pekuwon kecamatan Rengel kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Antariksa, Ahmad Falahuddin Asegaf (2021) Analisis fiqh siyasah maliah terhadap transaparasi anggaran desa tahun 2020 untuk penanganan covid-19 di Desa Pekuwon kecamatan Rengel kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad falahuddin Asegaf Antariksa_C94217064_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 June 2027.

Download (11MB)
[img] Text
Ahmad falahuddin Asegaf Antariksa_C94217064.pdf

Download (435kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Fiqh Siyasah Maliyah Terhadap Transparansi Anggaran Desa Tahun 2020 Untuk Penanganan Covid-19 Di Desa Pekuwon Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban” ini dibuat dan digunakan untuk menjawab dua rumusan masalah tentang bagaimana transparasi Pemerintah Desa dalam penggunaan anggaran Dana Desa tahun 2020 untuk penanganan Covid-19 Di Desa Pekuwon Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban dan bagaiamana Analisis Fiqh Siyasah Maliyah terhadap penggunaan anggaran Desa tahun 2020 untuk penanganan Covid-19 Di Desa Pekuwon Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban Penelitian ini merupakan jenis penelitian hukum yuridis empiris dengan pengolahan data secara kualitatif, dimana peneliti berpartisipasi secara langsung dalam mengamati fokus permasalahan di ruang lingkup transparasi anggaran Desa tahun 2020 untuk penanganan Covid-19 Di Desa Pekuwon Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban. Metode berfikir yang digunakan adalah deskriptif yaitu menggambarkan secara langsung kejadian yang terjadi dilapangan Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa : Transparansi Pemerintah Desa Desa Pekuwon Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban Dalam Penggunaan anggaran Desa Tahun 2020 Untuk Penanganan Covid-19 memang kurang terlaksana dengan baik karena perencanaan yang dilakukan Pemerintah Desa tidak serta merta berjalan dengan mulus karena aturan dari pemerintah yang melarang masyarakat untuk berkerumun sehingga rencana transparansi yang akan dilakukan dengan cara musyawarah atau sosialisasi secara langsung kepada masyarakat belum terlaksana karena terhambat oleh aturan Pemerintah, Namun penanganan Covid-19 Di Desa Pekuwon sudah terlaksana dengan baik meski terdapat keterlambatan didaerah warga pelapor yang menyebabkan terjadinya pelaporan kepada DPRD Tuban. Berdasarkan hal tersebut jika dianalisis dengan Fiqh Siyasah Maliyah pelaksanaanya belum sesuai dengan apa menjadi prinsip dan ketentuan serta praktik yang dibahas dalam Fiqh Siyasah Maliyah. Namun dalam hal ini pemerintah desa sudah melaksanakan perencanaan transparansi sebelumnya meskipun pada akhirnya belum sempat terlaksana karena terdapat hambatan dengan aturan pemerintah diatasnya. Namun hal tersebut dapat dimaklumi karena dalam hal ini memiliki alasan konseuensi logis dimana mereka mengutamakan kesehatan rakyat tanpa melailaikan tugasnya dalam menangani Covid-19 meskipun transparansi belum terlaksana namun dalam hal ini Pemerintah Desa mengutamakan kemaslahatan sebagaimana prinsip lain dalam Fiqh Siyasah Maliyah Sejalan dengan hal tersebut Pemerintah Desa Pekuwon Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban dalam melakukan transparansi penggunaan dana desa tahun untuk penanganan Covid-19 dan anggaran dana desa lainya seyogyanya dapat dinamis dan mengikuti pekembangan aturan, keadaan dan teknologi bukan malah stagnan dengan perencanaan awal yang terhambat dalam pelaksanaanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Antariksa, Ahmad Falahuddin AsegafAhmadfalahuddin06@gmail.comC94217064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYasin, Ikhsan Fatahikhsan.fatahyasin@gmail.com2017058901
Subjects: Hukum Islam
Hubungan Masyarakat
Masyarakat Islam
Keywords: Fiqih siyasah maliyah; transparasi anggaran; covid-19; Tuban
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Ahmad falahuddin asegaf Antariksa
Date Deposited: 26 Jun 2024 01:52
Last Modified: 26 Jun 2024 01:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70798

Actions (login required)

View Item View Item