Kesadaran ekoteologi Islam di Pesantren Modern al Amanah Desa Junwangi, Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo dalam perpspektif fenomenologi merleau-ponty

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizkiyah, Zirly Mafazatur (2024) Kesadaran ekoteologi Islam di Pesantren Modern al Amanah Desa Junwangi, Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo dalam perpspektif fenomenologi merleau-ponty. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zirly Mafazatur Rizkiyah_07040120091.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Zirly Mafazatur Rizkiyah_07040120091_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pesantren Modern Al-Amanah membangun praktik kesadaran ekoteologi Islam dan bagaimana jika ditinjau dalam perspektif fenomenologi Merleau-Ponty. Skripsi ini fokus menjawab dua rumusan masalah yaitu: pertama, bagaimana praktik membangun kesadaran ekoteologi Islam di Pesantren Modern Al-Amanah, Desa Junwangi, Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo? Kedua, bagaimana kesadaran ekoteologi santri di Pesantren Modern Al-Amanah ditinjau dalam perspektif fenomenologi Merleau-Ponty. Skripsi ini menggunakan metode deskriptif kualitatif serta mencakup sumber data yang diperoleh dari pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi langsung. Penelitian ini menemukan bahwa pendidikan spiritual ekologi harus menjadi bagian penting dari kurikulum pesantren karena hal ini memiliki dampak pada santri dengan menggabungkan pendidikan agama Islam dan kesadaran lingkungan. Terdapat perbedaan persepsi dan kesadaran ekoteologi individu yang dipengaruhi oleh waktu dan pengalaman santri di pesantren. Oleh karena itu, pendidikan spiritual ekologi harus mencakup tidak hanya pengetahuan teoritis tetapi juga praktik lingkungan, untuk mencapai kesadaran lingkungan pemahaman ini harus ditanamkan sejak kecil dan dipraktikkan secara rutin agar menjadi sebuah kebiasaan dan pengalaman seseorang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizkiyah, Zirly Mafazaturzirlymafazatur0822@gmail.com07040120091
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUdin, Nur Hidayat Wakhidnhwahiduddin@gmail.com2026118001
Subjects: Lingkungan Hidup
Etika
Ekologi
Keywords: Ekoteologi Islam; pesantren; fenomenologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Zirly Mafazatur Rizkiyah
Date Deposited: 16 Jul 2024 07:29
Last Modified: 16 Jul 2024 07:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70836

Actions (login required)

View Item View Item