Analisis kelayakan agunan pada pembiayaan murabahah di PT. BPR Syariah Madinah Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sahara, Hesti Nadhia (2023) Analisis kelayakan agunan pada pembiayaan murabahah di PT. BPR Syariah Madinah Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hesti Nadhia Sahara_G04219031 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 June 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Hesti Nadhia Sahara_G04219031.pdf

Download (2MB)

Abstract

PT. BPR Syariah Madinah Lamongan merupakan lembaga keuangan syariah yang menghimpun dan menyalurkan dana kepada masyarakat dalam bentuk pembiayaan. Dalam pemberian pembiayaan murabahah, terdapat agunan atau jaminan yang digunakan sebagai syarat mendapatkan pembiayaan. Agunan ini berguna sebagai bukti kemampuan calon nasabah untuk melunasi pembiayaan sesuai yang telah diperjanjikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiaman proses analisis kelayakan agunan dalam proses pemberian pembiayaan yang dilakukan oleh PT. BPR Syariah Madinah Lamongan dalam memenentukan layak tidaknya nasabah yang mengajukan pembiayaan Murabahah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari data yang sudah terkumpul tesebut kemudian dianalisis dengan metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan barang yang dijadikan aguanan harus mempunyai nilai ekonomis dalam artian bahwa dapat dinilai dengan uang dan dapat dijadikan uang. kemudian, barang atau harta agunan harus mempunyai nilai yuridis, dalam artian bahwa dapat diikat secara hukum sehingga bank memiliki hak atas pencairan jaminan. Barang yang dijadikan sebagai agunan harus memenuhi kriteria, seperti Marketability (mudah dijumpai dipasar luas), Ascertainability of value (memiliki standart harga tertentu), Stability of value (memiliki nilai harga jual yang stabil), Transferability (mudah dipindahtangankan), dan legality (sah menurut hukum). PT. BPR Syariah Madinah Lamongan menggunakan angunan dengan cara fidusia. artinya jaminan fidusia terjadi penyerahan dan pemindahan dalam kepemilikan atas suatu benda yang dilakukan atas dasar kepercayaan dengan syarat bahwa benda yang hak kepemilikannya diserahkan dan dipindahkan kepada kreditor penerima fidusia adalah hak kepemilikannya atas suatu benda yang dijadikan sebagai jaminan, sehingga hak kepemilikan secara yuridis atas benda yang dijaminkan beralih kepada kreditor penerima fidusia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sahara, Hesti Nadhiasaharahesti21@gmail.comG04219031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAhmad, Ali Arifinaaarifin07@gmail.com2014126201
Subjects: Bank Islam
Ekonomi Islam
Keywords: Kelayakan agunan; pembiayaan; murabahah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: HESTI HESTI NADHIA SAHARA HESTI
Date Deposited: 28 Jun 2024 02:45
Last Modified: 28 Jun 2024 02:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70845

Actions (login required)

View Item View Item