Konflik psikologis pada tokoh protagonis dalam Film After Met You karya Patrick Effendy: kajian psikoanalisis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurfitrian, Muhammad (2024) Konflik psikologis pada tokoh protagonis dalam Film After Met You karya Patrick Effendy: kajian psikoanalisis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Nurfitrian_A04219013 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Muhammad Nurfitrian_A04219013 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 June 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini fokus terhadap konflik psikologis pada tokoh protagonis dalam film After Met You karya Patrick Effendy dengan kajian psikoanalisis Sigmund Freud. Dalam penelitian ini, tokoh protagonis memiliki masalah psikologis berupa gangguan psikologis yang dialaminya serta cara penyembuhan yang ia lakukan untuk mengurangi gangguan tersebut dengan mekanisme pertahanan. Selain itu, menjelaskan aspek kepribadian yang selaras dengan pemahaman Freud untuk mengetahu aktivitas jiwa seseorang, apakah dia melakukan dengan sadar atau melakukan sesuatu dengan tidak sadar?. Hal ini akan berdampak pada aktivitas atau kegiatan dalam kehidupan sehari-harinya. Jadi, tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan konflik psikologis yang dialami tokoh protagonis dalam film After Met You dengan menjelaskan masalah psikologi berupa gangguan psikologis serta cara penyembuhan dan juga menjelaskan kepribadian tokoh Ari dan Ara yang dapat menimbulkan konflik. Teori yang digunakan dalam kajian ini menggunakan teori psikoanalisis yang dikemukakan oleh Sigmund Freud. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik mengamati serta mencatat masalah psikologis pada tokoh protagonis dalam film After Met You. Berdasarkan analisis yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa tokoh protagonis dalam film After Met You memiliki masalah psikologisnya masing-masing dari gangguan psikologis yang selama ini dialami serta cara penyembuhan yang berbeda-beda, serta mejelaskan aspek kepribadian tokoh Ari dan Ara untuk menentukan kepribadian dalam aktivitas sehari-sehari yang dapat menimbulkan sebuah konflik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurfitrian, Muhammadrian09012000@gmail.comA04219013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMufid, Nurnurmufid@uinsby.ac.id2020066401
Thesis advisorIndriyani, Jiphie Giliajiphiegilia@uinsby.ac.id2016018802
Subjects: Budaya Organisasi
Depresi
Pemikiran
Self confidence
Film
Keywords: Masalah Psikologis; Gangguan Psikologis; Cara Penyembuhan; Aspek kepribadian Sigmund Freud.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Muhammad Nurfitrian
Date Deposited: 27 Jun 2024 02:32
Last Modified: 27 Jun 2024 02:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70876

Actions (login required)

View Item View Item