Analisis psikologi pada karakter utama dalam Novel Dignitate karya Hana Margaretha: kajian psikologi sastra Sigmund Freud

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salsabila, Khalishah Putri (2024) Analisis psikologi pada karakter utama dalam Novel Dignitate karya Hana Margaretha: kajian psikologi sastra Sigmund Freud. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khalishah Putri Salsabila_A04219006.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Khalishah Putri Salsabila_A04219006_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 June 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti Psikologi Pada Karakter Utama dalam Novel Dignitate Karya Hana Margaretha menggunakan teori Psikologi Sastra Sigmund Freud. Novel ini menceritakan tentang seorang remaja bernama Genta Denalfian, atau biasa dipanggil Alfi, yang memiliki dua sisi kepribadian. Di satu sisi, Alfi adalah remaja yang cerdas, jagoan, dan disegani banyak orang. Dia juga mampu menaklukkan hati banyak perempuan. Di sisi lain, Alfi terkenal galak dan suka membuat orang sakit hati dengan ucapannya yang sarkastis, pedas, penuh kecaman, dan menohok. Karena itulah studi ini penulis menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana struktur kepribadian tokoh utama dalam novel Dignitate Karya Hana Margaretha ini dapat diinterpretasikan menggunakan konsep id, ego, dan superego yang diperkenalkan oleh Freud (2) Bagaimana Bentuk mekanisme pertahanan ego tokoh utama dalam novel Dignitate Karya Hana Margaretha. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dengan rancangan kajian psikologi sastra. Sumber data dalam penelitian ini adalah Novel Dignitate karya Hana Margaretha. Data dalam penelitian ini adalah kata, frasa, dan klausa dalam novel Dignitate yang menggambarkan kepribadian tokoh alfi dan alana di dalam novel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik membaca dan teknik catat. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif yang terdiri Reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Tokoh Alfi dan Alana memiliki unsur kepribadian Id yang tampak pada beberapa keinginannya yang kuat dalam menghadapi permasalahan sehari-hari. Unsur kepribadian Ego terlihat pada tindakan tokoh tokoh Alfi dan Alana kepada orang tua dan teman-temannya. Pada kepribadian Ego, tokoh Alfi dan Alana melakukan tindakan-tindakan yang didasarkan pada pengetahuan norma-norma sosial dan norma kesopanan yang telah diajarkan orang-orang disekitarnya dan bentuk Mekanisme Pertahanan Ego yang terdiri dari tujuh bentuk mekanisme pertahanan ego yang mendominasi,yaitu displacement (pengalihan), denial (penolakan), rasionalisasi, agresi, proyeksi, sublimasi dan represi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salsabila, Khalishah Putrikhalisa097@gmail.comA04219006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIndriyani, Jiphie Giliajiphiegilia@uinsby.ac.id2016018802
Thesis advisorMufid, Nurnurmufid@uinsby.ac.id2020066401
Subjects: Kepribadian
Keywords: Dignitate; psikologi sastra; mekanisme pertahanan ego
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: khalishah Khalishah Putri Salsabila
Date Deposited: 26 Jun 2024 05:26
Last Modified: 26 Jun 2024 05:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70890

Actions (login required)

View Item View Item