Perancangan wana wisata Desa Jatiprahu Trenggalek dengan pendekatan eco culture

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihah, Fatimah Syarifatus (2024) Perancangan wana wisata Desa Jatiprahu Trenggalek dengan pendekatan eco culture. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fatimah Syarifatus Sholihah_09020320030.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Fatimah Syarifatus Sholihah_09020320030_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 July 2027.

Download (1MB)

Abstract

Hutan Indonesia memiliki manfaat yang berlipat ganda dan berkontribusi besar terhadap kemajuan Indonesia, termasuk sebagai destinasi wisata yang memanfaatkan keindahan alam, flora dan fauna yang ada di dalamnya. Pasal 5 ayat 1 Keppres Nomor 9 Tahun 1990 menjelaskan bahwa keadaan alam, tumbuhan dan satwa, peninggalan purbakala, peninggalan sejarah, serta seni dan budaya yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan sumber daya dan modal yang sangat besar bagi pengembangan dan peningkatan pariwisata. Visi pengembangan pariwisata daerah di Kabupaten Trenggalek adalah mewujudkan pariwisata daerah yang bermutu, personal dan khas serta masyarakat sejahtera. Kabupaten Trenggalek dikelilingi oleh pegunungan dan perbukitan serta mempunyai banyak ruang terbuka hijau. Desa Jatiprahu merupakan kawasan yang potensial untuk dikembangkan untuk wisata alam. Metodologi perancangan wana wisata desa Jatiprahu meliputi tahap pengumpulan data, analisis data, tahap perencanaan dan pengembangan konsep desain. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan pariwisata berbasis alam di Kabupaten Trenggalek khususnya melalui pendekatan arsitektur eco cuture berpotensi membawa manfaat bagi masyarakat, pengusaha dan pemerintah dalam pengalokasian dan pengelolaan sumber daya yang ada dengan tetap menjaga keindahan alam yang ada.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihah, Fatimah Syarifatusrifasholi07@gmail.com09020320030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyari'ah, Arfianiarfianisyariah@gmail.com2027028302
Thesis advisorNoverma, Novermanoverma18@gmail.com2018118102
Subjects: Arsitektur
Keywords: Hutan; pariwisata; wana wisata; budaya; eco-culture
Depositing User: Fatimah Syarifatus Sholihah
Date Deposited: 01 Jul 2024 05:25
Last Modified: 01 Jul 2024 05:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70961

Actions (login required)

View Item View Item