Peran kesalehan orang tua dalam konsep parenting Islam di era modern: analisis penafsiran surah al-Kahfi ayat 82 perspektif Firanda Andirja dalam kitab Tafsir at-Taysir

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Savanna, Ayuni (2024) Peran kesalehan orang tua dalam konsep parenting Islam di era modern: analisis penafsiran surah al-Kahfi ayat 82 perspektif Firanda Andirja dalam kitab Tafsir at-Taysir. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ayuni Savanna_07030320090 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 June 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Ayuni Savanna_07030320090.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi digital di era modern dapat membawa pengaruh negatif bagi anak. Oleh sebab itu, banyak rintangan dan halangan yang harus dihadapi orang tua supaya dapat mendidik anaknya dengan baik. Islam sebagai agama rahmatan lil ‘alamin memiliki konsep parenting Islam yang komprehensif dan dapat dijadikan pedoman untuk menerapkan parenting bagi orang tua masa kini. Seperti dikisahkan dalam al-Qur’an surah al-Kahfi ayat 82 tentang berkah kesalehan orang tua yang bisa sampai pada anak turunnya. Berkaitan dengan hal tersebut, penulis menggunakan kitab Tafsir at-Taysir karya Firanda Andirja selaku pendakwah salafi yang turut memberikan pandangan mengenai keterkaitan antara peran orang tua yang saleh dengan konsep parenting Islam di era modern. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui penafsiran Firanda Andirja terhadap surah al-Kahfi ayat 82 dalam kitab Tafsir at-Taysir 2) Untuk mengetahui relevansi penafsiran surah al-Kahfi ayat 82 perspektif Firanda Andirja dalam kitab Tafsir at-Taysir terkait peran kesalehan orang tua dengan konsep parenting Islam di era modern. Adapun penelitian ini termasuk ke dalam kategori penelitian kualitatif dan library research (kepustakaan). Penulis menggunakan metode penelitian deskriptif dan penelitian tokoh sebagai teori penelitian, yakni dengan mendeskripsikan pendapat dari Firanda Andirja dalam kitab tafsirnya, Tafsir at-Taysir pada surah al-Kahfi ayat 82, mengenai tema utama dalam penelitian ini disertai dengan pendapat para ahli tafsir lainnya. Hasil analisis dari penelitian ini yaitu, Firanda Andirja mengungkapkan dalam kitab tafsirnya, Tafsir at-Taysir, bahwa kesalehan orang tua sangat berpengaruh perannya dalam keberhasilan penerapan parenting Islam bagi anak. Bukti berkah dari kesalehan orang tua sebagaimana tercantum dalam surah al-Kahfi ayat 82 ialah berupa penjagaan dan perlindungan Allah terhadap keluarga, anak, keturunan, dan juga hartanya di dunia maupun di akhirat, asalkan hamba-Nya tersebut juga senantiasa menjaga perintah dan larangan Allah. Selain itu sebagai upaya dalam perlindungan dari pengaruh negatif di era modern saat ini, orang tua yang saleh juga perlu membimbing anak dengan baik dari segi akidah, akhlak, sosial, dan ibadah yang berguna untuk kebaikan, keselamatan, dan kesejahteraan anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Savanna, Ayuniayunisavanna392@gmail.com07030320090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYardho, Mohammadmoh.yardho@uinsa.ac.id2110068501
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Orang tua dan Anak
Keywords: Peran kesalehan orang tua; parenting Islam; surah al-Kahfi ayat 82; Firanda Andirja; Tafsir at-Taysir
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Ayuni Savanna
Date Deposited: 28 Jun 2024 09:02
Last Modified: 28 Jun 2024 09:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70965

Actions (login required)

View Item View Item