Penundaan pernikahan bagi wanita karir: analisis wacana kritik Teun A. Van Dijk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestari, Lia Ramadhani (2024) Penundaan pernikahan bagi wanita karir: analisis wacana kritik Teun A. Van Dijk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lia Ramadhani Lestari_07020120033 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 June 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Lia Ramadhani Lestari_07020120033.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang penundaan pernikahan bagi wanita karir dengan menggunakan pendekatan analisis wacana kritik Teun A. Van Dijk. Penundaan pernikahan menjadi topik penting dalam masyarakat modern, khususnya bagi wanita karir yang menghadapi berbagai tantangan dalam menyeimbangkan karir dan kehidupan pribadi. Video dalam kanal YouTube Luna Maya dipilih sebagai objek studi karena popularitas dan pengaruhnya dalam membentuk opini publik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis konten terhadap perbincangan yang dilakukan oleh Luna Maya dan Raline Shah sebagai bintang tamu. Data primer yang menjadi sumber utama dalam penelitian ini adalah berupa salah satu video dalam kanal YouTube Luna Maya. Sedangkan data sekunder yang menjadi pendukung dalam penelitian ini berasal dari berbagai sumber pustaka, termasuk buku, jurnal, artikel, karya ilmiah, dan literatur lain yang relevan dengan fokus permasalahan yang ingin diteliti. Analisis yang digunakan dalam skripsi ini adalah teori analisis wacana kritik Teun A. Van Dijk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap orang berhak menentukan prioritas hidupnya masing-masing, termasuk menentukan pasangan hidup. Perempuan berhak menentukan prioritas hidup yang dapat membuatnya bahagia. Dari analisis wacana kritik Teun A. Van Dijk, diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai konteks penundaan pernikahan yang banyak terjadi saat ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestari, Lia Ramadhani07020120033@student.uinsby.ac.id07020120033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRofhani, Rofhanirofhani@uinsby.ac.id2030017101
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Perkawinan
Keywords: Pernikahan; wanita karir; wacana kritik; Teun A. Van Dijk
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Lia Ramadhani Lestari
Date Deposited: 28 Jun 2024 08:48
Last Modified: 28 Jun 2024 08:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70972

Actions (login required)

View Item View Item