Pendidikan karakter keluarga perspektif Tafsir Tarbawi: studi penafsiran Ali Abdul Halim Mahmud

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adhimah, Muhammad Rizqi Fauzan (2024) Pendidikan karakter keluarga perspektif Tafsir Tarbawi: studi penafsiran Ali Abdul Halim Mahmud. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Rizki Fauzan Adhimah_07010320020 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 July 2027.

Download (704kB)
[img] Text
Muhammad Rizki Fauzan Adhimah_07010320020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan karakter adalah pembekalan yang diberikan kepada seseorang, dalam membentuk karakter ataupun tingkah laku seseorang yang perlu diterapkan di dalam keluarga. Pendidikan keluarga merupakan penanaman nilai ataupun pengetahuan kepada keluarga yang dibalut dengan ajaran agama sehingga nantinya akan membuat keluarga tersebut menjadi harmonis karena tertatanamanya sikap dan perilaku yang positif dari nilai-nilai keagamaan yang dikembangkan didalam keluarga. Pilihan topik ini muncul karena kebutuhan akan pemahaman mendalam terkait ajaran Islam dalam konteks pendidikan karakter dalam keluarga. Dalam kajian tafsir, Ali Abdul Halim Mahmud mempunyai karya berupa penafsiran yang berisi tentang pendidikan “Tafsir Tarbawi”. Yang mana tafsir tersebut mengangkat permasalahan tarbiyah sehingga dapat menunjang pembangunan peradapan dan pengetahuan terkait Al-Qur’an. Dengan demikian, penelitian ini akan menjawab pandangan Ali Abdul Halim Mahmud mengenai interpretasi terhadap ayat-ayat tentang pendidikan keluarga dalam Tafsir Tarbawi serta implikasinya terhadap pendidikan karakter keluarga. Penelitian ini merupakan model penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian tafsir tematik. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa pandangan Ali Abdul Halim Mahmud terhadap pendidikan karakter keluarga menyoroti konsep-konsep kunci seperti akidah, moralitas, dan peran orang tua. Temuan ini didukung oleh interpretasinya terhadap ayat-ayat tertentu yang menegaskan pentingnya nilai-nilai Islam dalam membentuk karakter. Beliau menekankan pentingnya menjaga kesucian diri, menutup aurat, dan menghindari tindakan yang dapat menimbulkan fitnah.Hal tersebut memberikan pandangan umum terkait pendidikan karakter dalam nilai-nilai keagamaan dan etika sosial. Sehingga nantinya penelitian ini dapat dijadikan sebagai pedoman dalam membangun program pendidikan karakter keluarga yang lebih efektif, sejalan dengan ajaran Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adhimah, Muhammad Rizqi Fauzanmuhammadrizqifauzanadhimah@gmail.com07010320020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIwanebel, Fejrian Yazdajirdiwanebel@uinsby.ac.id2004039001
Subjects: Islam
Al Qur'an
Keywords: Pendidikan karakter; keluarga; perspektif Tafsir Tarbawi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Fauzan Adhimah Muhammad Rizqi
Date Deposited: 01 Jul 2024 05:25
Last Modified: 01 Jul 2024 05:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70980

Actions (login required)

View Item View Item