Ketidakkonsistenan ejaan pada takarir Instagram Khofifah Indar Parawansa: telaah ejaan Bahasa Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Susandra, Mudah Maulidia (2024) Ketidakkonsistenan ejaan pada takarir Instagram Khofifah Indar Parawansa: telaah ejaan Bahasa Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mudah Maulidia Susandra_03040420056 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 July 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Mudah Maulidia Susandra_03040420056.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada ketidakkonsistenan penulisan ejaan dalam takarir (caption) Instagram Khofifah Indar Parawansa. Ketidakkonsistenan ejaan pada takarir akun @khofifah.ip berupa (kesalahan ejaan) yang masif, seperti kesalahan penulisan huruf, penggunaan kata, penggunaan unsur serapan, penggunaan tanda baca. Kesalahan penggunaan huruf bisa dilihat unggahan pada tanggal 23 November 2023 kesalahan terdapat pada penggunaan huruf kapital dalam menuliskan sasuatu seharusnya (emas) namun ditulis dengan huruf kapital (Emas), kesalahan penulisan kata bisa dilihat pada unggahan tanggal 13 November kesalahan terdapat pada penulisan kata 2 yang seharusnya ditulis (dua) karena di dalam kalimat satu huruf ditulis dengan kata bukan (angka). Kesalahan penulisan tanda baca bisa dilihat unggahan tanggal 11 November 2023 terdapat penulisan tanda koma yang harusnya dari kalimat tidak usah diberi spasi namun tanda koma tersebut diberikan spasi. Kesalahan penulisan unsur serapan bisa dilihat unggahan pada tanggal 15 November 2023 terdapat kesalahan penulisan yaitu (senen) yang seharusnya tulisanya (senin). Namun demikian, dalam konteks tulisan ini penulis hanya membatasi pembahasan pada dua kategori, yaitu penulisan kata dan tanda baca. Pembatasan ini dilakukan karena dua kategori ejaan tersebut memiliki kesalahan yang signifikan dan terlihat mencolok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis deskriptif, yakni menganalisis konten unggahan-unggahan dari akun Instagram Khofifah Indar Parawansa, dalam kurun waktu bulan Juni-November 2023 dan kemudian menganalisis ejaan tersebut sesuai dengan EYD ke V 2022. Fokus penelitian ini pada aspek-aspek seperti penulisan kata dan penggunaan tanda baca. Hasil dari penelitian menunjukkan ketidakkonsistenan takarir pada Instagram Gubernur Jawa Timur terdapat pada penulisan kata dan penggunaan tanda baca, dari analisis yang ditemukan yaitu ketidakkonsitenan takarir yang mana pada awal penulisan formal tetapi tulisan itu tidak sesuai dengan kaidah ejaan, misalkan dari atas terlihat sangat sempurna dan menarik seperti tidak ada kesalahan, namun ada saja kesalahan ejaan pada takarir tersebut, seperti takarir dalam menyebutkan angka yang seharusnya ditulis dengan kata, kesalahan tanda baca itu tidak sesuai dengan tempatnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Susandra, Mudah Maulidiamualidiasusandra@gmail.com03040420056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAtiqurrahman, Mohatiqurrahmann@gmail.com2007108504
Subjects: Internet
Santri
Keywords: Ejaan; takarir; tanda baca; penulisan kata; Khofifah Indar Parawansa
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Mudah Maulidia Susandra
Date Deposited: 02 Jul 2024 05:39
Last Modified: 02 Jul 2024 05:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71015

Actions (login required)

View Item View Item