Konten dakwah visual akun Pondok Pesantren Nurul Islam Mojokerto di instagram: analisis semiotika Ferdinand de Saussure pada akun @ypp.nurulislam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tabaika, Mokhammad A'lan (2023) Konten dakwah visual akun Pondok Pesantren Nurul Islam Mojokerto di instagram: analisis semiotika Ferdinand de Saussure pada akun @ypp.nurulislam. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mokhammad A'lan Tabaika_02040721013 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 July 2027.

Download (10MB)
[img] Text
Mokhammad A'lan Tabaika_02040721013.pdf

Download (10MB)

Abstract

Dakwah menggunakan gambar visual di instagram menjadi salah satu trend dalam dunia dakwah saat ini. karena penggunaan kata digabungkan oilahan desain visual berisikan pesan-pesan Islam begitu memikat orang yang melihatnya. kegiatan ini menjadi salah satu cara yang efektif untuk mempengaruhi dan mengubah perilaku siapapun yang melihat atau membacanya. Salah satu pesantren yang gencar memanfaatkan Instagram sebagai media dakwah adalah Pesantren Nurul Islam. melalui akun Instagramnya @ypp.nurulislam. instansi ini terlihat sering mengunggah konten berisi pesan dakwah Islam yang didesain dengan pendekatan visual yang sangat menarik. Penelitian ini menkaji tentang makna konten dakwah dalam poster instagram akun @ypp.nurulislam dengan menggunakan metode analisis semiotika model Ferdinand De Saussure dan Teori New Media. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis analisis teks media. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan dilakukan observasi secara mendalam oleh peneliti untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Hasil dalam penelitian ini adalah menunjukkan bahwa adanya proses digitalisasi dakwah dengan mengonvensi dakwah konvensiaonal menjadi format digital. Dalam pembuatan kointen dakwah @ypp.nurulislam dapat mengemas pesan dakwah dengan baik sesuai dengan prinsip - prinsip dakwah. Konten dakwah didasarkan pada unsur agama, sosial, dan budaya masyarakat mojokerto dan kontruksi pesan didasarkan -pada konteks waktu - waktu yang istimewa dalam agama islam.. Makna kointen dakwah yang ada pada akun Instagram @ypp.nurulislam dengan menggunakan analisis Semioitika Ferdinand De Saussure adalah mengarah pada perbaikan akhlak seorang muslim, untuk memperkuat akhlak seorang muslim sangat didasari pada kultur agama, sosial, dan budaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tabaika, Mokhammad A'lanalanppnh@gmail.com02040721013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAS, Sunarto, Sunartonarto_as@yahoo.com2026126901
Thesis advisorHamidah, Liliklilikhamidah89@gmail.com2017127301
Subjects: Budaya - Agama
Dakwah
Komunikasi Dalam Islam
Keywords: Konten dakwah visual; pondok pesantren; instagram; semiotika
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mokhammad A'lan Tabaika
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:02
Last Modified: 03 Jul 2024 07:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71031

Actions (login required)

View Item View Item