Revitalisasi pasar ikan hias Sidoarjo as third place dengan pendekatan blending spaces

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayat, Arbi (2024) Revitalisasi pasar ikan hias Sidoarjo as third place dengan pendekatan blending spaces. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arbi Hidayat_09010320004 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 July 2027.

Download (6MB)
[img] Text
Arbi Hidayat_09010320004.pdf

Download (7MB)

Abstract

Efek pandemi covid-19 yang berkepanjangan mengakibatkan berhentinya perekonomian pasar ikan hias sidaorjo bahkan permasalahan seperti sirkulasi antar ruang (pengunjung, pedagang, kendaraan) yang tidak teratur, serta mulai rusaknya kondisi bangunan dan sarana prasarana penunjang lainnya. Sedangkan potensi sidoarjo dalam produksi ikan hias di Indonesia merupakan penyokong ketiga dalam pembenihan dan pembesaran ikan hias di Jawa Timur, khususnya ikan hias air tawar. Pemerintah Kabupaten Sidoarjo tahun 2023 melalui RPJMD telah menetapkan sektor perikanan sebagai salah satu indikator pencapaian visi Kabupaten dikarenakan tingginya presentase peluang dalam mengembangkan bisnis ikan hias. Pasar ikan hias ini sempat menjadi topik bahwa akan direnovasi dan di dukung dengan adanya rencana dari Dinas Perikanan pemerintah kabupaten Sidoarjo pada tahun 2022. Perancangan pasar ikan hias sidoarjo ini termasuk dalam revitalisasi dengan menghidupkan kembali perekonomian di dalamnya. Pendekatan Blending Space digunakan sebagai upaya penghubung pasar ikan hias dari beragam latar belakang yang terjadi dan memicu kolaborasi di dalamnya. Konsep Blending Spaces mencoba untuk merumuskan ruang campuran yang berupaya merespon pengaturan ruang yang dapat menjembatani serangkaian proses penjualan-budidaya-edukasi-rekreatif kolaborasi-hobiis yang dapat tumbuh secara seksama. Konsep Blending Spaces ini tidak sekedar mengembalikan perekonomian dan tampilan fisik arsitektur semata, melainkan berusaha menghidupkan dengan kolaboratif terhadap lingkungan sekitarnya dan menambahkan fungsi baru sebagai penunjang kolabotarif pada pasar ikan hias sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayat, Arbiarbihidayat86@gmail.com09010320004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyariah, Arfianiarfianisyariah@gmail.com2027028302
Thesis advisorParmo, Parmoparmo_99@uinsby.ac.id2024028201
Subjects: Arsitektur
Ikan
Jual Beli
Keywords: Pasar ikan hias; revitalisasi; blending spaces
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Arbi Hidayat
Date Deposited: 02 Jul 2024 05:19
Last Modified: 02 Jul 2024 05:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71032

Actions (login required)

View Item View Item