Konsep zuhud imam al-ghazali sebagai upaya membentuk sikap kesederhanaan mantan pecandu narkoba di Padepokan Wong Bodho Pondok Mburi Menganti Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ghofilin, Muhammad Dzikrul (2024) Konsep zuhud imam al-ghazali sebagai upaya membentuk sikap kesederhanaan mantan pecandu narkoba di Padepokan Wong Bodho Pondok Mburi Menganti Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Dzikrul Ghofilin_07040620084.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Muhammad Dzikrul Ghofilin_07040620084_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 July 2027.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini mengakaji tentang Konsep Zuhud Imam Al-Ghazali Sebagai Upaya Membentuk Sikap Kesederhanaan Mantan Pecandu Narkoba Padepokan Wong Bodho Pondok Mburi Menganti Gresik. Penelitian ini berfokus pada masalah yang berkaitan tentang sikap kesederhanaan mantan pecandu narkoba, sehingga dapat dirumuskan menjadi rumusan masalah yang tertera sebagai berikut: 1) Bagaimana Penerapan Terapi Zuhud Terhadap Mantan Pecandu Narkoba di Padepokan Wong Bodho?. 2) Bagaimana sikap kesederhanaan yang terbentuk pada mantan pecandu narkoba setelah rehabilitasi dengan terapi zuhud?. Tidak hanya itu, konsep zuhud ini juga memiliki keterkaitan dengan penerapan yang dilakukan di Padepokan Wong Bodho Pondok Mburi Menganti Gresik dengan subjek mantan pecandu narkoba. Penelitian ini diharapkan dapat menunjukkan sikap kesederhanaan akibat dari perilaku serakah dan gaya hidup berfoya-foya yang dilakukan oleh mantan pecandu narkoba ini. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus yang menitik beratkan kepada wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam menemukan narasumber yang ada peneliti menggunakan metode Accidental Sampling yaitu menentukan hasil narasumber yang berada di padepokan langsung dan hasilnya adalah menemukan 4 narasumber mantan pecandu narkoba. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari keempat narasumber yang megikuti proses terapi zuhud memberikan menyatakan bahwa terjadi perubahan positif dalam diri mereka masing-masing. Narasumber yang bernama Roy menyatakan setelah melakukan terapi sikap sederhana yang muncul tidak memaksakan apapun, narasumber kedua Adiyunus yaitu suka berbagi, saling membantu sama lain dan memakai pakaian yang tidak berlebihan. Narasumber ketiga yaitu Iwan telah merasakan bisa berbagi dengan orang lain, dan narasumber keempat bernama Amin yang dirasakan yaitu termotivasi untuk jauh lebih baik lagi serta sikap kesederhanaan yang muncul yaitu suka berbagi dan berbuat baik saling membantu meskipun tidak diminta terlebih dahulu. Dilihat dari masa lalu narasumber, mereka pernah menggunakan narkoba bahkan menjualnya demi hidup berfoya-foya. Dengan mengikuti terapi ini, mereka memahami arti kesederhanaan dan lebih bersyukur serta tidak memaksakan kehendak untuk hidup berfoya-foya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ghofilin, Muhammad DzikrulDzikrulg69@gmail.com07040620084
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlamsyah, Anas Aminanas.amin.alamsyah@gmail.com2029047001
Subjects: Psikoterapi > Psikoterapi Islam
Remaja, Gaya hidup
Keywords: Terapi zuhud; mantan pecandu narkoba; kesederhanaan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: 2024 Muhammad Dzikrul Ghofilin
Date Deposited: 02 Jul 2024 07:03
Last Modified: 02 Jul 2024 07:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71045

Actions (login required)

View Item View Item