Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan keterlibatan orang tua siswa di SMP YPI Darussalam 2 Cerme Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmah, Annisa Nabilah (2024) Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan keterlibatan orang tua siswa di SMP YPI Darussalam 2 Cerme Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Annisa Nabilah Rahmah_06040320072.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Annisa Nabilah Rahmah_06040320072_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 July 2027.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Keterlibatan Orang Tua Siswa di SMP YPI Darussalam 2 Cerme Gresik. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai strategi kepemimpinan kepala sekolah di SMP YPI Darussalam 2 Cerme Gresik, meningkatkan keterlibatan orang tua siswa di SMP YPI Darussalam 2 Cerme Gresik, dan strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan keterlibatan orang tua siswa di SMP YPI Darussalam 2 Cerme Gresik. Jenis penelitian ini deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, dan orang tua siswa. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan model interaktif Miles and Huberman dalam melakukan analisis dan interpretasi data serta menggunakan teknik triangulasi dalam menguji keabsahan data penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa (1) Strategi kepemimpinan kepala sekolah sudah diterapkan dengan baik; (2) Keterlibatan orang tua siswa di SMP YPI Darussalam 2 Cerme Gresik dapat dilihat semakin meningkat, dengan adanya kesadaran orang tua terkait pentingnya keterlibatan orang tua siswa di sekolah, serta adanya kegiatan atau program-program yang dilakukan sekolah guna meningkatkan keterlibatan orang tua disekolah; dan (3) Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan keterlibatan orang tua siswa di SMP YPI Darussalam 2 Cerme Gresik telah dilaksanakan dengan baik, dengan adanya strategi yang efektif yang dilakukan kepala sekolah guna meningkatkan keterlibatan orang tua disekolah menjadikan para orang tua lebih terlibat pada kegiatan atau program yang ada disekolah, serta menjadikan anak dapat memberikan hasil yang terbaik kepada orang tua berkat motivasi, dukungan, dan semngat yang diberikan oleh orang tua.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmah, Annisa Nabilahannisanabilah48@gmail.com06040320072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSahudi, Sahudisahudi77.MS@gmail.com2012047702
Thesis advisorSulanam, Sulanamsulanam@uinsby.ac.id2030117901
Subjects: Kepala Sekolah
Kepemimpinan
Keywords: Strategi; kepemimpinan kepala sekolah; keterlibatan orang tua
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Annisa Nabilah Rahmah
Date Deposited: 02 Jul 2024 06:46
Last Modified: 02 Jul 2024 06:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71054

Actions (login required)

View Item View Item