التداخل اللغوي على اللغة العربية في محادثة الطالبات بمعهد منبع الصالحين للبنات سوجي منيار كرسيك (دراسة علم اللغة الاجتماعي)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zuhri, Alawiyah (2024) التداخل اللغوي على اللغة العربية في محادثة الطالبات بمعهد منبع الصالحين للبنات سوجي منيار كرسيك (دراسة علم اللغة الاجتماعي). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alawiyah Zuhri_03020120032 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Alawiyah Zuhri_03020120032 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Interferensi banyak ditemui pada individu ataupun suatu kelompok. Banyak dari mereka merupakan bilingualisme, yang memakai 2 bahasa, bisa juga lebih. Interferensi bahasa sendiri memiliki makna yakni kesalahan dalam berbahasa atau bisa juga didefinisikan sebagai keluarnya bahasa dari kaedah suatu bahasa itu sendiri baik dari segi Fonologi, Sintaksis, Morfologi dan Leksikal. Peneliti berusaha menjabarkan terkait adanya interferensi yang ada dipondok Mamba’us Sholihin putri sekaligus macam interferensi yang ada dalam percakapan sehari-hari santri dalam “minggu bahasa arab”. Teori yang digunakan merupakan teori weinreich, yang mana weinrech mengatakan pembagian interferensi ada 4. Yakni, interferensi sintaksis, interferensi morfologi, interferensi fonologi dan interferensi leksikal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode deskriptif kualitatif. Metode kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa data tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diperoleh melalui pengamatan terhadap suatu objek penelitian. Metode deskriptif adalah motode dimana data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka. Data dalam penelitian ini ialah kata-kata yang mengandung interferensi dalam percakapan. Sumber data pada penelitian kali ini adalah percakapan sehari-hari santri Mamba’us Sholihin Suci Gresik. Teknik analisis data yakni dengan menggunakan teknik simak dan teknik mencatat. Hasil dari penelitian ini, bahwa santri Mamba’us Sholihin terdapat Interferensi bahasa di dalamnya yang terdiri dari interferensi sintaksis, interferensi fonologi, interferensi morfologi, dan interferensi leksikal. Interferensi yang paling banyak ditemukan adalah Interferensi Sintaksis. Adapun sebab-sebab interferensi yang ada dalam percakapan santri adalah: 1) Kedwibahasaan penutur. 2) Tipisnya kesediaan pemakai bahasa pertama 3) Tidak cukupnya kosakata bahasa penutur untuk mengungkapkan suatu makna. 4) punahnya kosakata yang jarang digunakan. 5) Kebutuhan akan sinonim. 6) Prestise bahasa sumber dan gaya bahasa. Hasil dari analisis ini dapat menjadi tolok ukur bahwa bahasa sehari-hari yang digunakan dalam pondok pesantren sebagian besar termasuk dalam interferensi bahasa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zuhri, Alawiyahibnatuzuhri@gmail.com03020120032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAditoni, Agusagaditoni@yahoo.com2002106201
Thesis advisorHikmawati, Masnamasna.hikmawati@uinsby.ac.id2113049105
Subjects: Adab
Bahasa Arab
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Interferensi bahasa; percakapan santri; pondok pesantren Mamba’us Sholihin Suci Gresik.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Alawiyah Zuhri
Date Deposited: 04 Jul 2024 12:27
Last Modified: 04 Jul 2024 12:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71106

Actions (login required)

View Item View Item