Santri dalam tarikan pilpres 2024: studi tentang mobilisasi dukungan santri dalam santri dukung ganjar (SDG) di Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanum, Mashanum Dwi Aprilia (2024) Santri dalam tarikan pilpres 2024: studi tentang mobilisasi dukungan santri dalam santri dukung ganjar (SDG) di Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mashanum Dwi Aprilia_07020420009 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Mashanum Dwi Aprilia_07020420009 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 July 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya kelompok santri yang ikut tergabung dalam barisan relawan santri dukung ganjar (SDG) yang merupakan relawan yang berpartisipasi dalam Pemilihan Presiden 2024, keterlibatan santri dalam pemilihan presiden merupakan agenda penting untuk memenangkan Ganjar Pranowo yang menjadi calon presiden 2024, partisipasi santri dalam pemilihan ini diwujudkan oleh adanya Santri Dukung Ganjar dengan memobilisasi santri dengan program canvassing dan kewirausahaan dengan tujuan penelitian untuk mengetahui aktifitas politik santri dalam Santri Dukung Ganjar (SDG) dan untuk mengetahui mobilisasi dalam pilpres 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar dan dampak keterlibatan santri terhadap partisipasi politik Pemilihan Calon Presiden dengan memenangkan Ganjar Pranowo sebagai presiden 2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori partisipasi politik menurut Hutington. Berdasarkan hasil penelitian, pertama, kegiatan santri dalam SDG menyasar pada pesantren-pesantren di Jawa Timur yang menjadi mitra SDG melalui kegiatan antara lain pelaksanaan program canvassing, pelatihan-pelatihan, dan juga program bantuan pembangunan pesantren. Partisipasi politik yang dijalankan oleh Santri Dukung Ganjar ini memberikan hasil bahwa para santri mampu di koordinasi dengan baik untuk mendukng Ganjar Pranowo melalui program programnya. Dalam hal ini santri memiliki suara elektoral terhadap Pemilihan Presiden 2024. Faktor penting dalam dukungan politik yang diterima Ganjar Pranowo adalah hubungan keluarganya dengan barisan Nahdliyin. Kedua, kegiatan santri oleh SDG merupakan bentuk partisipasi politik yang termasuk dalam konsep political mobilization Huntington, dimana santri ditarik dalam aktifitas politik elektoral dalam rangka mencari dukungan politik untuk calon yang berkompetisi. Santri dipilih karena posisi strategisnya untuk mencari dukungan dalam politik elektoral.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanum, Mashanum Dwi Apriliamashanumdwiaprilia@gmail.com07020420009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBariroh, Laililbariroh.20@gmail.com2003117702
Subjects: Agama
Politik
Pemilihan Umum
Keywords: Relawan SDG; Santri; Partisipasi politik; Mobilisasi politik.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Politik Islam
Depositing User: Hanum Mashanum Dwi Aprilia Hanum
Date Deposited: 02 Jul 2024 03:06
Last Modified: 02 Jul 2024 03:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71110

Actions (login required)

View Item View Item