Pengaruh model pembelajaran pbl (problem based learning) terhadap motivasi belajar mata pelajaran Bahasa Jawa Kelas V Min 1 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fahrudin, Muhammad (2024) Pengaruh model pembelajaran pbl (problem based learning) terhadap motivasi belajar mata pelajaran Bahasa Jawa Kelas V Min 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Fahrudin_06040720084 OK.pdf

Download (529kB)
[img] Text
Muhammad Fahrudin_06040720084 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 July 2027.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi observasi awal peneliti bersama guru kelas V menunjukkan bahwa peserta didik kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran bahasa Jawa, hal ini dilihat pada saat observasi peserta didik merasa jenuh dan merasa bosan sehingga kelas menjadi tidak kondusif. Berdasarkan hal tersebut, guru mencoba menerapkan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V di MIN 1 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi belajar bahasa Jawa peserta didik kelas V MIN 1 Sidoarjo. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 peserta didik yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner/angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri atas, uji normalitas, uji homogenistas, dan uji independet sample t-test. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa Rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 77,43, sedangkan kelas kontrol 72,83. Dari hasil uji Independent Sample T-test diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,003 < 0,05, sehingga H0 ditolak Hi diterima. Hal ini berarti terdapat Perbedaan pada penerapan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap motivasi belajar bahasa Jawa di kelas V MIN 1 Sidoarjo

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fahrudin, Muhammadmuhammadfahrudin111101@gmail.com06040720084
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJuhaeni, Juhaenithinasafar@gmail.com2030078604
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Budaya - Agama
Kecerdasan
Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning; Motivasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Fahrudin Fahrudin
Date Deposited: 06 Jul 2024 14:16
Last Modified: 06 Jul 2024 14:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71199

Actions (login required)

View Item View Item