PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) SISWA KELAS IV A MI NIZHAMIYAH JOMBANG

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kusmianingsih, Hestin (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) SISWA KELAS IV A MI NIZHAMIYAH JOMBANG. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca intensif siswa kelas IV A. Sebagian besar siswa kurang antusias dan tidak berminat dalam melakukan kegiatan membaca pada saat pembelajaran Bahasa Indonesia. Siswa juga cenderung pasif dan belum berani mengemukakan pendapat serta mengajukan pertanyaan. Hal tersebut dikarenakan guru sering menggunakan metode ceramah dalam mengajar. Dengan demikian, siswa mengalami kesulitan dalam memahami isi bacaan. Kesulitan tersebut, akhirnya mengakibatkan rendahnya kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan isi bacaan. Untuk meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa, maka peneliti mengambil tindakan pembelajaran melalui strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA).
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana keterampilan membaca intensif siswa kelas IV A MI Nizhamiyah Rejoagung Ploso Jombang pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sebelum diterapkan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA)?, (2) Bagaimana penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dalam rangka meningkatkan keterampilan membaca intensif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV A MI Nizhamiyah Rejoagung Ploso Jombang?, (3) Bagaimana peningkatan keterampilan membaca intensif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) di kelas IV A MI Nizhamiyah Rejoagung Ploso Jombang?.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui keterampilan membaca intensif siswa kelas IV A MI Nizhamiyah Rejoagung Ploso Jombang pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sebelum diterapkan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA), (2) Mengetahui penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dalam rangka meningkatkan keterampilan membaca intensif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV A MI Nizhamiyah Rejoagung Ploso Jombang, (3) Mengetahui peningkatan keterampilan membaca intensif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) di kelas IV A MI Nizhamiyah Rejoagung Ploso Jombang.
Model penelitian ini merupakan PTK dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV A MI Nizhamiyah Rejoagung Ploso Jombang telah dilaksanakan dengan baik dan mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hasil observasi aktivitas diperoleh hasil sebesar 66,43 pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 90,44. Pada observasi aktivitas siswa siklus I diperoleh hasil sebesar 65,22 dan meningkat pada siklus II menjadi 90,22. Keterampilan membaca intensif siswa melalui strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) pada siswa kelas IV A MI Nizhamiyah Rejoagung Ploso Jombang mengalami peningkatan dari nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 68,81 menjadi 83,25 pada siklus II. Prosentase prosentase belajar siswa juga meningkat dari perolehan siklus I sebesar 56,25% menjadi 84,50% pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kusmianingsih, Hestinhestinkusmianingsih@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Keterampilan membaca intensif; Strategi Directed Reading Thinking Activity; DRTA; Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hestin Kusmianingsih
Date Deposited: 29 Jun 2016 02:02
Last Modified: 29 Jun 2016 02:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7121

Actions (login required)

View Item View Item