Kontekstualisasi ukhuwah Islamiyah dalam sunnah Abu Daud no indeks 4248: studi atas Nahdlatul Ulama dan Muhamadiyah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ayu, Dyah (2023) Kontekstualisasi ukhuwah Islamiyah dalam sunnah Abu Daud no indeks 4248: studi atas Nahdlatul Ulama dan Muhamadiyah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dyah Ayu Damayanti_E75219054.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Dyah Ayu Damayanti_E75219054_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 July 2027.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Organisasi Islam menjadi suatu wadah dalam penyaluran aspirasi yang ada di masyarakat. Dalam perkembangannya di Indonesia terdapat dua Organisasi islam yang mayoritas diikuti oleh masyarakat, yakni Nahdlatu Ulama ( NU) dan Muhamadiyah (MD). Dalam praktik ajaran dua organisasi Islam yang sama-sama berlandaskan pada Ahlu Sunnah Wal Jama’ah ini terdapat sedikit perbedaan. Penulisan ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui sejarah perkembangan Organisasi Nahdlatul Ulama dan Muhamadiyah, praktik ajaran Nahdlatul Ulama dan Muhamadiyah, konsep Bahsul Masail Nahdlatul Ulama, dan Majelis Tarjih Muhamadiyah. Dengan menggunakan metode ilmiah ( berdasarkan fakta, hasil analisis, serta teori yang ada) dapat disimpulkan disimpulkan bahwasanya pertama, Nahdlatul Ulama dan Muhamadiyah merupakan organisasi berasaskan paham Ahlu Sunnah Wal Jama’ah yang dibentuk dalam masa pergerakan nasional sebagai wadah aspirasi masyarakat. Kedua, Dalam praktik ajaran NU juga mengikuti pendapat suatu ulama Madzhab sedangkan Muhamadiyah hanya berpegang pada Al Quran dan Hadis. Ke tiga, Bahsul Masail merupakan suatu bentuk tradisi keilmuwan khas NU yang di dalamnya membahas permasalahan-permasalahan di masyarakat dalam perspektif pesantren. Ke empat, Majelis Tarjih merupakan suatu lembaga di bawah naungan Muhamadiyah yang menangani persoalan khilafiyah dan juga masalah yang belum ada ketentuan hukum yang mengatur di dalam Al Quran dan Sunnah. Pokok permasalahan penelitian ini, yaitu , pertama : Bagaimana Kualitas Hadis tentang Ukhuwah Islamiyah dalam kitab Sunan Abu Daud No Indeks 4248. Kedua : Bagaimana pemaknaan Hadis tentang Ukhuwah Islamiyah. Ketiga: Bagaimana Kontekstualisasi Hadis Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah. Kemudian penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif dengan melibatkan penelitian kepustakaan. Sedangkan untuk metode yang di gunakan yaitu metode deskriptif, dengan bersumber pada data-data primer dan sekunder. Hasil akhir yang di dapat dari proses penelitian hingga analisa terhadap hadis riwayat Sunan Abu Daud dalam kitabnya Sunan Abu Daud Nomor Indeks 4248 adalah hadis ini berstatus Shahih Lidzatihi, dengan status kehujjahan maqbul wa ma’mulun yaitu dapat diterima dan dapat dijadikan hujjah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ayu, Dyahdyah97991@gmail.comE75219054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSucipto, Mohammad HadiHadi_hzuinsby.ac.id2010037502
Subjects: Agama
Keywords: Nahdlatul Ulama; Muhamadiyah; bahsu masail; majelis tarjih
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Dyah Ayu Damayanti
Date Deposited: 03 Jul 2024 05:53
Last Modified: 03 Jul 2024 05:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71213

Actions (login required)

View Item View Item