Pengaruh penggunaan aplikasi kahoot terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VI di MIN 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahidah, Lailul Maghfirotul (2024) Pengaruh penggunaan aplikasi kahoot terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VI di MIN 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailul Maghfirotul Wahidah_D07217013.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Lailul Maghfirotul Wahidah_D07217013_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 July 2027.

Download (3MB)

Abstract

Kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada siswa kelas VI di MIN 2 Sidoarjo pada dasarnya masih berbasis pada pembelajaran secara konvensional. Siswa belum terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran karena kurangnya media pembelajaran yang digunakan. Penugasan yang diberikan oleh guru juga berupa soal latihan yang terdapat pada buku paket atau Lembar Kerja Siswa (LKS). Akibatnya siswa merasa bosan dan menjadikan hasil belajar kurang khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Berdasarkan permasalahan tersebut dalam penelitian ini akan dibahas salah satu media pembelajaran yang memiliki tampilan menarik sehingga siswa akan tertarik dalam mengikuti pembelajaran yaitu dengan menggunakan aplikasi Kahoot. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh penggunaan aplikasi Kahoot terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VI di MIN 2 Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Kahoot terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VI MIN 2 Sidoarjo. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif, metode eksperimen dengan desain penelitian Quasi Experimental Design bentuk desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI MIN 2 Sidoarjo. Dari populasi tersebut diambil dua kelas sebagai kelas sampel yaitu kelas VI-A sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 30 siswa, dan kelas VI-B sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, pemberian soal tes, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Independent Sampel t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Kahoot berpengaruh terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari kenaikan rata – rata yang diperoleh dari hasil pre-test adalah 66,88 menjadi 84,65 pada pemberian post-test. Didukung juga dengan uji hipotesis yang hasilnya adalah 0,032 kurang dari nilai Sig. 0,05 menunjukkan bahwa aplikasi Kahoot ini berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VI MIN 2 Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahidah, Lailul Maghfirotullailul.maghfirotul@gmail.comD07217013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2010097301
Subjects: Belajar
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Keywords: Aplikasi kahoot; hasil belajar; IPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lailul maghfirotul Wahidah
Date Deposited: 05 Jul 2024 01:35
Last Modified: 05 Jul 2024 01:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71215

Actions (login required)

View Item View Item