Analisis strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan daya saing Batik Tulis Soedjono Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratiwi, Cindy Yuanisa (2024) Analisis strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan daya saing Batik Tulis Soedjono Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cindy Yuanisa Pratiwi_08040120085 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Cindy Yuanisa Pratiwi_08040120085 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 July 2027.

Download (1MB)

Abstract

Strategi pemasaran dapat didefinisikan sebagai serangkaian kebijakan pemasaran terintegrasi yang menjadi panduan untuk kegiatan di berbagai tingkat unit dalam pemasaran. Hal ini bertujuan mencapai target penjualan dalam suatu wilayah pemasaran, sejalan dengan perubahan kondisi dan lingkungan bisnis yang terkait. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi daya saing Batik Tulis Soedjono Lamongan dan mengembangkan strategi pemasaran yang tepat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yang melibatkan pengumpulan data melalui wawancara langsung dan interaksi dengan individu yang terlibat dalam industri batik. Pendekatan kualitatif ini juga menggunakan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta kombinasi atau triangulasi data. Selain itu, metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT, yang melibatkan pemahaman data, analisis, dan interpretasi untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam bisnis batik tulis Soedjono Lamongan. Penelitian ini menunjukkan bahwa Batik Tulis Soedjono Lamongan memiliki kekuatan utama seperti kualitas produk tinggi, pelayanan ramah, desain fleksibel, dan strategi pemasaran efektif. Namun, ada kelemahan yang perlu diperbaiki, seperti kendala dalam pengerjaan, keterbatasan keterampilan karyawan, ketidak konsistenan warna, dan masalah pemesanan. Batik Tulis Soedjono dapat memanfaatkan peluang dengan menyesuaikan keinginan pelanggan, berinovasi dalam produk, meningkatkan pesanan pada waktu tertentu, dan ekspansi pasar. Mereka juga menghadapi ancaman seperti kurangnya dukungan pemerintah, persaingan, dan fluktuasi harga bahan baku. Strategi pemasaran yang fokus pada kualitas produk, penggunaan teknologi, penyesuaian kapasitas produksi, dan kemitraan strategis dapat memperkuat posisi, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan mengoptimalkan produksi untuk menghadapi tantangan dan peluang di masa depan. Perusahaan Batik Tulis Soedjono Lamongan sebaiknya tetap mempertahankan keunggulan yang dimilikinya, seperti kualitas produk dan desain yang unggul, serta meningkatkan kehadiran pasar dan pemasaran melalui inovasi dan promosi yang efektif. dan mengoptimalkan posisi yang sangat menguntungkan saat ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratiwi, Cindy Yuanisayuanisapratiwi@gmail.com08040120085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBasya, Maziyah Mazzamaziyah.mazza@uinsa.ac.id2009019001
Subjects: Pemasaran
Industri tekstil
Keywords: Strategi Pemasaran; Daya Saing; Batik Tulis Soedjono
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Cindy Yuanisa pratiwi
Date Deposited: 04 Jul 2024 04:14
Last Modified: 04 Jul 2024 04:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71218

Actions (login required)

View Item View Item