Pengaruh penggunaan kombinasi limbah air tahu dan air cucian beras sebagai pupuk organik cair terhadap pertumbuhan tanaman sawi caisim (Brassica juncea L.)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Khoirun (2024) Pengaruh penggunaan kombinasi limbah air tahu dan air cucian beras sebagai pupuk organik cair terhadap pertumbuhan tanaman sawi caisim (Brassica juncea L.). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoirun Nisa'_09040120055.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Khoirun Nisa'_09040120055_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 July 2027.

Download (4MB)

Abstract

Tanaman sawi caisim (Brassica juncea L.) adalah sayuran yang sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia sayuran yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia berbagai kalangan sehingga perlu di kembangkan secara maksimal. Pengembangan produksi sawi caisim seringkali dengan menambahkan pupuk anorganik yang sering menjadi racun bagi lingkungan. Ada berbagai cara untuk meningkatkan produktivitas tanaman sayuran, salah satunya adalah dengan pemberian pupuk organik cair dari limbah air tahu dan air cucian beras. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan kombinasi limbah air tahu dan air cucian beras sebagai pupuk organik cair terhadap pertumbuhan sawi caisim. Manfaat penelitian ini untuk Sebagai tambahan informasi pemanfaatan limbah air tahu dan air cucian beras sebagai salah satu alternatif pupuk organik cair yang bisa digunakan masyarakat yang mudah di dapat dan murah. Metode penelitian ini adalah metode eksperimental menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) terdiri dari 6 perlakuan dan 4 kali ulangan yaitu 25% POC, 50% POC, 75%, 100%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian kombinasi limbah air tahu dan air cucian beras memiliki pengaruh signifikan terhadap rerata tinggi tanaman, jumlah daun, berat basah berdasarkan analisis ANOVA berpengaruh nyata karena nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 Kesimpulan dari peneltian ini adalah Pemberian limbah air tahu dan air cucian beras dalam berbagai konsentrasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan tanaman (tinggi tanaman, jumlah daun dan berat basah) pada sawi caisim. Konsentrasi kombinasi yang paling optimal yaitu pada perlakuan C (75%) untuk tinggi tanaman yaitu 13,1 cm sedangkan perlakuan D (100%) untuk jumlah daun yaitu 4,75 helai dan berat basah yaitu 4,28 gram. .

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', Khoirunkhoirun.nisaa251@gmail.com0904012055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBahri, Saifulsaiful200488@gmail.com/2020048801
Thesis advisorManan, Abdulabdulmanan1970@gmail.com0710067001
Subjects: Biologi
Industri RumahTangga
Lingkungan Hidup
Keywords: Choy sum (brasica juncea L.); waste water know; rice wash water; liquid oranic fertilizer
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Khoirun Nisa
Date Deposited: 05 Jul 2024 03:20
Last Modified: 05 Jul 2024 03:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71238

Actions (login required)

View Item View Item