Analisis tingkat kepuasan pengguna e-wallet shopeepay menggunakan framework PIECES pada UINSAMART

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhani, Kevin Prianka (2024) Analisis tingkat kepuasan pengguna e-wallet shopeepay menggunakan framework PIECES pada UINSAMART. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kevin Prianka Ramadhani_H06219005.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Kevin Prianka Ramadhani_H06219005_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 July 2027.

Download (5MB)

Abstract

Transaksi non-tunai saat ini menjadi yang utama, menggantikan peran uang fisik dalam pembayaran. Banyak penyedia layanan uang elektronik telah mengadopsi smartphone sebagai alat utama untuk meningkatkan kualitas pelayanan mereka melalui aplikasi dompet digital atau E-Wallet. Penerapan pembayaran digital tidak hanya mengubah cara pelanggan bertransaksi, tetapi juga meningkatkan kepuasan mereka. Pengadopsian ini dirasa penting untuk dikaji, salah satunya menggunakan PIECES Framework yang dapat mengetahui bagaimana penggunaan pembayaran digital menggunakan e wallet berpengaruh pada kepuasan pelanggan dengan komponen Performance, Information, Control, Economics, Efficiency, Service. Penelitian ini dilakukan dengan pendekataan kuantitatif yang disajikan dalam bentuk angka dan analisis statistik. Untuk menganalisis instrumen kuisioner dilakukan dengan cara menguji validitas, dan realibilitas data. Lalu untuk mengalisa data dilakukan dengan melakukan uji korelasi dan tingkat kepuasan menggunakan perhitungan metode PIECES. Hasil pengujian validitas dan reliabilitas penelitian ini menunjukkan angka yang berkisar antara 0.6 hingga 0.7 dan mengartikan bahwa pengukuran yang dilakukan pada setiap variabel dalam kuesioner dapat dianggap valid dan reliabel. Hasil pengujian korelasi dan kepuasan pengguna memberikan nilai dengan kategori sedang untuk uji korelasi dan puas untuk perhitungan kepuasan pengguna dengan rerata nilai kepuasan 4.23.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhani, Kevin Priankakevinprianka@gmail.comH06219005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKunaefi, Anangakunaefi@uinsby.ac.id197911132014031001
Thesis advisorPermadi, Andhyandhy@uinsby.ac.id2014108103
Subjects: Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: kepuasan pengguna; e-wallet; shopeepay; PIECES
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Kevin Prianka Ramadhani
Date Deposited: 05 Jul 2024 01:25
Last Modified: 05 Jul 2024 01:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71253

Actions (login required)

View Item View Item