Tradisi dzikir surah Ali ‘Imran ayat 173: studi living qur’an di asrama putri 2 Al Khodijah Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitri, Lutfiana (2024) Tradisi dzikir surah Ali ‘Imran ayat 173: studi living qur’an di asrama putri 2 Al Khodijah Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabay.

[img] Text
Lutfiana Fitri_07020320049 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Lutfiana Fitri_07020320049 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian kajian living Qur’an yang berada di asrama putri 2 Al-Khodijah, dikarenakan adanya suatu fenomena kerasukan masal dan hal-hal yang berbau ghaib pada waktu itu. Pengasuh asrama sowan ke ndalem Kyai Mashudi di Blitar dan mendapatkan ijazah, yang berupa amalan surah Ali ‘Imran ayat 173 yang dibaca sebagai dzikir setelah shalat. Pengasuh juga menjelaskan bahwasanya manfaat dari tradisi dzikir ini digunakan untuk memberi ketenangan hati, pikiran, dan jiwa santri asrama putri 2 Al-Khodijah. Adapun manfaat lainnya seperti, terhindar dari segala sesuatu gangguan yang buruk dan terutama agar para santri tidak mudah diganggu oleh makhluk halus yang ada di asrama. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini yakni, prosesi tradisi dzikir surah Ali ‘Imran ayat 173 di asrama putri 2 Al-Khodijah Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang dan bagaimana pemaknaan tradisi dzikir surah Ali ‘Imran ayat 173 di asrama putri 2 Al-Khodijah Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang. Adapun tujuannya sebagai berikut, untuk menjelaskan prosesi pelaksanaan tradisi dzikir surah Ali ‘Imran ayat 173 di asrama putri 2 Al-Khodijah Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang dan untuk mengungkap pemaknaan tradisi dzikir surah A>li ‘Imra>n ayat 173 di asrama putri 2 Al-Khodijah Pondok Pesantren Darul Umul Jombang. Pada penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif yang bersifat field research. Teori yang yang digunakan adalah gabungan dari teori living Qur’an, fenomenologi dan pendekatan teori struktural fungsional yang dikemukakan oleh Talcott Parsons. Untuk menyelesaikan penelitian ini, maka dilakukan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini sebagai berikut: Untuk pelaksanaan tradisi dzikir surah Ali ‘Imran ayat 173 di asrama putri 2 Al-Khodijah, dibaca setiap setelah shalat fardhu sebanyak 3 kali bila shalat berjamaah dan dibaca sebanyak 9 kali bila shalat sendiri. Urutannya yaitu membaca dzikir shalat seperti biasanya dan al-Fatihah, baru setelah itu membaca surah Ali ‘Imran ayat 173 sebanyak 3 kali. Kemudian dilanjut dengan tambahan dzikir seperti ya lathif dan shalallahu ‘ala muhammad sebanyak 33 kali. Urutan dzikir ini hanya dilakukan pada setelah shalat jamaah subuh, maghrib, dan isya’. Khusus setelah shalat maghrib ditambahi dengan do’a khatmil Qur’an. Lalu membaca al-Fatihah, yang terakhir ditutup dengan ibadallah rijallah dan al-Fatihah. Sedangkan untuk shalat dzuhur dan ashar biasanya dilakukan sendiri, sehingga membaca dzikir ini sebanyak 9 kali. Kemudian, makna yang diperoleh dari tradisi dzikir surah Ali ‘Imran ayat 173 di asrama putri 2 Al-Khodijah Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang, melalui pendekatan struktural fungsional yaitu: sebagai penenang hati, sebagai tolak bala’, sebagai menambah amalan ijazah, serta sebagai bentuk peraturan asrama dan perintah pengasuh.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitri, Lutfianalutfianafitri97l@gmail.com07020320049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmami, Khoirulk.umami@uinsby.ac.id0001614
Subjects: Doa dan Zikir
Al Qur'an
Tradisi Islam
Keywords: Living Qur’an; Dzikir; Ali ‘Imran Ayat 173
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Lutfiana Fitri
Date Deposited: 04 Jul 2024 03:59
Last Modified: 04 Jul 2024 03:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71259

Actions (login required)

View Item View Item