Adi Manusiawi Menurut Pemikiran Ali Syari'ati dan Erich Fromm

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Akbar, Moh. Wildan Nur (2024) Adi Manusiawi Menurut Pemikiran Ali Syari'ati dan Erich Fromm. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Wildan Nur Akbar_07020620042 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 July 2027.

Download (682kB)
[img] Text
Moh. Wildan Nur Akbar_07020620042 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Manusia adalah makhluk dua dimensi yang tujuan penciptaannya untuk mengagungkan Allah. Manusia perlu melatih fisik dan jiwanya agar mampu mencapai esensi dasar yang ditugaskan Allah kepadanya. Adi Manusiawi adalah manusia yang memiliki kesempurnaan pada aspek lahir maupun batin. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana Adi Manusiawi menurut pemikiran Ali Syari’ati dan Erich Fromm? Serta 2) Apa persamaan dan perbedaan pemikiran Ali Syari’ati dan Erich Fromm mengenai Adi Manusiawi? Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain kepustakaan. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan buku-buku, jurnal dan skripsi yang membahas pemikiran Ali Syari’ati dan Erich Fromm. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah pemikiran Ali Syari’ati dan Erich Fromm. Dari penelitian yang dilakukan ini penulis menemukan 1) Adi Manusiawi dalam pandangan Ali Syari’ati adalah manusia yang memiliki kesadaran tinggi tentang dirinya dan dunia. Ia adalah makhluk yang memiliki kesadaran, kehendak bebas, dan kreatifitas. Selain itu Adi Manusiawi terbebas dari belenggu ego diri melalui perasaan cinta ketuhanan dan bertindak aktif melawan penindasan. 2) Adi Manusiawi dalam pandangan Erich Fromm adalah manusia yang memiliki kesadaran bahwa dirinya berbeda dengan makhluk lain di bumi. Mereka memiliki individualitas dan tidak hanyut dalam arus masyarakat. Perbedaan antara dirinya dengan orang lain tidak menyebabkan konflik karena Adi Manusiawi adalah seorang pecinta.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Akbar, Moh. Wildan Nurwildanakbar0410@gmail.com07020620042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHodri, Hodrihodria@yahoo.com2011117002
Subjects: Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Adi Manusiawi; Ali Syari’ati; Erich Fromm
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: wildan akbar
Date Deposited: 04 Jul 2024 04:37
Last Modified: 04 Jul 2024 04:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71265

Actions (login required)

View Item View Item